Rupiah Awal Pekan Berhasil Kalahkan Dollar AS

1033

Hingga perdagangan akhir pasar valas tanah air awal pekan (29/02), rupiah berhasil menambah kekuatannya melawan dollar AS setelah sesi siang berhasil menguat dari pelemahan awal perdagangan. Ditengah pelemahan dollar rupiah menjadi pilihan kuat diantara kurs negara kawasan Asia yang memberikan imbal hasil menguntungkan.

Dampak perubahan pergerakan  rupiah menjadi positif di bursa saham akhir perdagangan hari ini, terpantau asing lakukan penambahan  aksi beli terhadap saham kapital besar sehingga  net buy  asing bertambah  dan tercatat Rp263 miliar lebih setelah siang tadi hanya puluhan  miliar. Dan akhirnya  IHSG ditutup menguat signfikan dengan penguatan 0,8 persen ke posisi 4771.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi kenaikan 0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13375/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13405/US$.  Pelemahan kurs hingga  siang ini berbeda  dengan penguatan  yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini diperkuat  ke posisi 13395  dari hari sebelumnya 13400 pada hari Jumat (26/02), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13,462.00  dari posisi 13,467.00 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan pekan depan,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah masih akan bergerak positif oleh sentimen optimisme investasi di tanah air dengan  dollar AS diperkirakan melemah.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here