Bank Sentral Tiongkok Memotong 0,5% Rasio Persyaratan Cadangan Bank

760

Tiongkok memprioritaskan meningkatkan pertumbuhan ekonominya terkait kekhawatiran arus dana yang keluar, dengan bank sentral pada Senin bergerak memotong reserve requirement ratios (RRR) atau rasio persyaratan cadangan bank.

The People`s Bank of China (PBOC) memotong RRR, atau jumlah kas bank, sebesar 0,5 persen poin, sebagai kejutan bagi pasar yang datang pada awal malam waktu Tiongkok.

Pemotongan yang mulai berlaku Selasa, menandakan bahwa sebagian besar bank besar Tiongkok akan memiliki rasio cadangan dari 17 persen. Ini adalah kelima kalinya pada tahun lalu bahwa PBOC telah memotong RRR, dengan pemotongan terakhir pada 23 Oktober.

Pemotongan RRR bertujuan untuk meningkatkan likuiditas dalam perekonomian, dengan harapan meningkatkan belanja konsumen dan investasi modal.

Menteri Keuangan Lou Jiwei, mengatakan Tiongkok akan memperluas defisit fiskal untuk mendukung reformasi struktural untuk ekonomi, yang melambat ke 6,9 ​​persen laju pertumbuhan tahun lalu, terlemah sejak 1990.

PBOC juga telah berusaha untuk memulihkan stabilitas mata uang negara karena meningkatnya arus modal yang keluar. Penurunan rasio cadangan yang diperlukan, yang memungkinkan bank untuk meminjamkan lebih , diharapkan membantu mengimbangi keluarnya arus modal.

Bank sentral mengatakan menurunkan tingkat untuk memandu pertumbuhan yang stabil dan tepat dalam kredit dan menciptakan kondisi moneter dan keuangan yang tepat untuk reformasi struktural sisi penawaran, menurut sebuah pernyataan di situsnya.

Langkah ini untuk mendorong yuan lebih rendah datang meskipun komentar oleh Gubernur Bank Zhou Xiaochuan bahwa tidak ada dasar untuk depresiasi lebih lanjut.

Pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang melambat, dengan pertumbuhan ke rendah 25 tahun pada 6,9 persen pada tahun 2015, membuat negara ekonomi terbesar kedua di dunia ini terus melakukan agenda reformasi untuk membuka pasar modal dan beralih dari akar manufaktur. Perlambatan yang telah mendorong kekhawatiran baru dari hard-landing bagi perekonomian Tiongkok.

Dalam beberapa bulan terakhir, mata uang Tiongkok telah jatuh terhadap dolar AS karena para pembuat kebijakan bergeser jauh dari pembandingan renminbi atau yuan, terhadap dolar AS. Hal ini mendorong volatilitas pasar global di tengah kekhawatiran tajam Tiongkok bisa mendevaluasi yuan.

Langkah-langkah pelonggaran tambahan – seperti cut RRR – bisa memicu penurunan lebih lanjut dalam mata uang, dimana dengan ukuran pelonggaran dapat memacu investor untuk menarik modal dari negara untuk mencari hasil yang lebih baik di tempat lain. Tiongkok sudah berjuang dengan arus keluar modal besar, tertekan hampir $ 700 miliar pelarian modal pada tahun 2015, menurut Institute of International Finance.

Namun para analis memperkirakan pemotongan RRR mengisyaratkan kebijakan yang tidak khawatir tentang arus keluar karena perlambatan pertumbuhan.

“Waktu (dari pemotongan RRR) berkaitan dengan fakta bahwa renminbi stabil dan arus keluar modal tampaknya akan berkurang untuk saat ini,” Wei Yao, seorang analis di Societe Generale, mengatakan dalam sebuah catatan Senin.

“PBOC mengakui pada Januari bahwa pemotongan RRR tidak disukai karena bisa menambah tekanan depresiasi pada renminbi. Jadi tersirat potong saat ini adalah, pertama dan terutama, bahwa PBOC kurang khawatir tentang mata uang dan modal arus keluar sekarang daripada hanya sebulan lalu, “katanya.

Para pembuat kebijakan mungkin menargetkan pemotongan RRR untuk mengimbangi arus keluar.

“Sebuah pemotongan RRR bisa dianggap sebagai alat kebijakan untuk mengisi likuiditas yang telah meninggalkan negara itu,” kata Goldman Sachs dalam sebuah catatan Selasa. “Ekonom kami memperkirakan arus keluar modal untuk menjadi sekitar US $ 88 miliar untuk Januari, kurang lebih setara dengan jumlah yang akan dilepaskan dari pemotongan RRR ini.”

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here