Kekuatan Rupiah Selasa Siang Ungguli Kekuatan Mata Uang Asia Lainnya

411

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Senin (01/03), rupiah masih menunjukkan pergerakan yang positif dan semkian kuat setelah pergerakan awal perdagangan berhasil lanjutkan penguatan perdagangan sebelumnya.  Diantara mata uang kawasan Asia, perdagangan rupiah terpantau melebihi kekuatan mata uang lainnya.

Bertambahnya penguatan  rupiah di bursa saham siang ini membuat  asing lakukan  aksi beli terhadap saham kapital besar lebih besar  sehingga  net buy asing  tercatat Rp91 miliar lebih. Sentimen aksi beli asing terhadap saham yang dominan yang berkurang membuat IHSG bergerak flat.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang  ini bergerak positif  dengan posisi penguatan  0,34% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13329/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13361/US$. Penguatan kurs hingga  siang ini sesuai dengan penguatan  yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini diperkuat  ke posisi 13367  dari hari sebelumnya 13395 pada hari Senin (29/02), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13,434.00  dari posisi 13,462 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan oleh sentimen pelemahan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13389  resistance  13325 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here