Pelemahan Rupiah Selasa Siang Berkurang Tipis

483

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Selasa (08/03), rupiah masih menunjukkan pergerakan yang negatif dengan volume pelemahan yang berkurang  sejak awal perdagangan. Rupiah melemah ikuti pelemahan valas kawasan Asia ditengah anjloknya dollar terhadap kurs safe haven.

Masih lemahnya  rupiah di bursa saham siang ini  mengurangi  aksi beli asing terhadap saham kapital besar  sehingga  net sell asing  tercatat Rp21 miliar lebih setelah diawal perdagangan sempat net buy mencapai Rp31 miliar. Aksi jual saham ini  membuat IHSG terus  terkoreksi hingga terpantau turun cukup signifikan hingga 0,9%.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang ini bergerak negatif dengan posisi penurunan  0,37% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13133/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13130/US$.  Lemahnya kurs hingga  siang ini sesuai dengan pelemahan yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia   hari ini dilemahkan  ke posisi 13128  dari hari sebelumnya 13029 pada hari Senin (07/03),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13194   dari posisi 13094 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan oleh sentimen pelemahan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13166  resistance  13106 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here