Bursa Eropa Bergerak Positif Mengabaikan Pelemahan Bursa Asia Dan Minyak Mentah

583

Bursa saham Eropa diperdagangkan sedikit lebih tinggi pada Rabu, mengabaikan pelemahan bursa saham Asia dan harga minyak mentah.

Di Asia, sebagian besar pasar tersandung pada Rabu, karena saham Asia mundur dari tertinggi 2-bulan. Bursa saham Tiongkok turun tajam sebagai analis menunjuk kekhawatiran baru tentang ekonomi Tiongkok menyusul data perdagangan lemah dari perkiraan untuk bulan Februari.

Faktor lain yang menghambat sentimen pasar global adalah penurunan di pasar minyak pada Rabu, dengan harga terbebani oleh penguatan AS dolar dan kekhawatiran melambatnya permintaan, meskipun produksi AS turun memberikan pasar minyak mentah dukungan, Reuters melaporkan.

Indeks Stoxx 600 Eropa pan diperdagangkan 0,4 persen lebih tinggi dengan sektor kesehatan dan otomotif di wilayah negatif.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.139,36, naik 13,92 poin atau 0,23%

Indeks DAX berada pada posisi 9.761,06, naik 68,24 poin atau 0,70%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.441,60, naik 37,58 poin atau 0,85%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.825,30, naik 85.00 poin atau 0.97%

Lihat : Awal Bursa Eropa Melemah Tertekan Pelemahan Bursa Asia Dan Kekuatiran Tiongkok

Salah satu pemain terbaik pada indeks adalah Telecom Italia, naik 3,7 persen, sedangkan pemain terburuk adalah Restaurant Group, turun 14 persen.

Saham Deutsche Post naik 0,3 persen setelah perusahaan pengiriman ekspres melaporkan bahwa laba sebelum bunga dan pajak (EBIT) mencapai 957 juta euro ($ 105 juta) pada kuartal keempat, naik dari ekspektasi analis rata-rata dalam jajak pendapat Reuters untuk 943 juta ($ 103 juta).

Di tempat lain, saham perusahaan utilitas Jerman E.on naik 1,6 persen meskipun melaporkan rugi bersih pada tahun 2015 senilai 7 milyar euro, lebih dari dua kali lipat 3,1 milyar euro yang dilaporkan pada tahun 2014.

Ritel fashion Inditex harga sahamnya naik 1 persen setelah membukukan kenaikan 15 persen laba bersih 2015.

Sementara itu, saham Volkswagen turun 2,1 persen menyusul laporan bahwa Departemen Kehakiman AS mengirim mobil Jerman ke panggilan pengadilan di bawah hukum penipuan bank di penyelidikan emisi diesel, seseorang menjelaskan tentang masalah tersebut kepada Reuters, Selasa.

Malam nanti akan dirilis data persediaan minyak mentah AS mingguan oleh EIA, yang diindikasikan berdasarkan hasil konsensus akan menurun dari hasil sebelumnya.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah. Jika potensi penguatan harga minyak mentah terealisir, akan mengangkat bursa saham Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang



LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here