ECB Luncurkan Stimulus Penurunan Suku Bunga Dan Pelonggaran Kuantitatif

702
Presiden Bank Sentral Eropa (ECB), Mario Draghi menyampaikan pemotongan suku bunga, pembelian obligasi lebih dan subsidi untuk pemberi pinjaman sebagai gebrakan baru terhadap ancaman deflasi. Hal tersebut dilakukan Bank Sentral Eropa dengan menurunkan biaya pinjaman untuk saat ini.
 
Dewan Gubernur dengan 25-anggota, yang bertemu di Frankfurt, Kamis, mengurangi tingkat kas overnight yang diparkir oleh bank sebesar 10 basis poin menjadi minus 0,4 persen dan menurunkan suku bunga acuan ke nol. Pembelian obligasi yang meningkat menjadi 80 miliar euro ($ 87 miliar) sebulan dari 60 milyar euro, dan obligasi korporasi sekarang akan memenuhi syarat. Sebuah rangkaian baru pinjaman jangka panjang kepada bank akan dimulai pada Juni.
 
euro-area-interest-rate
“Dewan Pengurus mengharapkan suku bunga utama tetap pada tingkat saat ini atau lebih rendah untuk jangka waktu yang panjang dan melewati batas pembelian aset bersih kami,” kata Draghi. Didasarkan pada pandangan saat ini, “kita tidak mengantisipasi untuk mengurangi tingkat lebih lanjut.”
 
Euro dibalik kerugian setelah Presiden ECB mengisyaratkan prospek berkurang dari pemotongan lebih lanjut. Mata uang jatuh sebelumnya setelah paket awal melebihi ekspektasi pasar. Draghi telah berulang kali mengatakan para pembuat kebijakan bersedia melakukan apa yang diperlukan untuk menghidupkan kembali inflasi dan mendukung kemajuan regional.
 
 
Mata uang bersama 19 negara naik 0,6 persen menjadi $ 1,1067 pada 03:37 waktu Frankfurt, setelah sebelumnya turun sebanyak 1,6 persen.

Presiden ECB mengatakan dalam konferensi pers di Frankfurt bahwa:

– Suku bunga akan tetap pada tingkat saat ini atau lebih rendah untuk beberapa waktu

– Prospek pertumbuhan telah direvisi turun, mencerminkan melemahnya prospek global

GDP 2016 direvisi turun menjadi 1,4% dari 1,7%

– GDP 2017 direvisi turun menjadi 1,7% dari 1,9%,

– PDB menjadi 1,8% di 2018

– Perkiraan Inflasi untuk 2016 dikurangi menjadi 0,1% dari 1%

– Inflasi menjadi 1,3% pada tahun 2017, akan rata-rata 1,6% di 2018

Bank sentral berhenti memperkenalkan suku bunga deposito berjenjang, yang telah menjadi subyek spekulasi sebelum pertemuan.

“Kami telah membahas untuk beberapa waktu sistem tiering, sistem pembebasan,” kata Draghi. “Pada akhirnya Dewan Pengatur memutuskan untuk tidak, tepatnya untuk tujuan tidak menandakan bahwa kita dapat pergi serendah kita inginkan pada ini.”

obligasi berdenominasi euro investment grade yang dikeluarkan oleh perusahaan non-bank yang didirikan di kawasan euro akan dimasukkan dalam daftar aset yang memenuhi syarat untuk pembelian reguler di bawah QE.

ECB mengatakan putaran baru operasi refinancing ditargetkan akan mulai pada bulan Juni. Bank sentral mengatakan suku bunga “bisa serendah suku bunga deposit facility,” menunjukkan bahwa bank sentral dapat membayar pemberi pinjaman untuk meminjam dari itu.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here