Konsolidasi Rupiah Hingga Jumat Siang Terus Berlanjut

428

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Jumat (11/03), pelemahan rupiah yang terjadi sejak awal perdagangan terkoreksi bersamaan dengan menguatnya dollar AS terhadap rival-rivalnya. Namun sejak awal rupiah terkonsolidasi dan siang ini ada dalam pergerakan menguat.

Pergerakan rupiah yang mixed sejak pagi sedikit berdampak pada bursa saham, dimana terpantau   asing lakukan beli saham yang banyak  dan hingga akhir perdagangan sesi pertama  net buy  asing  tercatat Rp15 miliar lebih dan dampaknya  IHSG berhasil menguat 0,1 persen.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,05% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13045/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13110/US$. Namun penguatan kurs hingga  siang ini berbeda dengan penguatan yang dilakukan BI terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke posisi 13087  dari hari sebelumnya 13149 pada hari Kamis (10/03),  sedangkan kurs transaksi antar bank melemah   ke posisi 13152   dari posisi 13215 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan oleh optimisme pasar global terhadap rupiah, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13117  resistance  13033 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here