Indeks Shanghai 16 Maret Berakhir Naik Terdukung Pernyataan Optimis PM Tiongkok

572
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Rabu (16/03), indeks Shanghai ditutup positif, naik 6,11 poin, atau 0,21 persen, di 2870.48. Penguatan indeks Shanghai terdorong pernyataan Perdana Menteri Tiongkok Li Keqiang yang menyatakan bahwa perekonomian Tiongkok memiliki lebih harapan dibandingkan kesulitan.

Lihat : Awal Indeks Shanghai 16 Maret Terbantu Kinerja Saham Perbankan

Perdana Menteri Li Keqiang mengatakan Rabu bahwa ekonomi China tidak akan mengalami hard landing. “Ada kesulitan dan harapan bagi perekonomian Tiongkok. Namun, mengingat tren dan fundamental yang mendasarinya, ada lebih besar harapan dibandingkan kesulitan,” kata Li.

Sementara itu, China Regulatory Commission Securities (CSRC) pada hari Selasa menyatakan bahwa peluncuran “strategic emerging board” dihapus dari rancangan 13 Rencana Lima Tahun (2016-2020), yang ditinjau di Kongres Rakyat Nasional (NPC) tahunan sidang.

Ide untuk meluncurkan papan muncul strategis pertama kali disampaikan oleh CSRC Juni lalu untuk papan yang ada di Shenzhen ChiNext.

Pada akhir perdagangan saham bursa Shanghai saham sektor keuangan memimpin indeks lebih tinggi didorong oleh jaminan pemerintah pada sesi legislatif tahunan Tiongkok yang berakhir pada hari Rabu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai masih berpotensi menguat terbatas dengan perkiraan kebijakan tetap suku bunga AS. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2761-2648 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 2993-3038.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here