Kekuatan Rupiah Kamis Siang Semakin Bertambah

519

Hingga perdagangan akhir pasar valas sesi Asia Kamis (17/03), kekuatan rupiah terhadap dollar AS terus bertambah hingga naik diatas 1 persen lebih. Kekuatan rupiah Kamis pagi hanya dibawah 1 persen dan hingga akhir perdagangan semakin muat seiring anjloknya dollar terhadap rival-rivalnya pasca  arahan kenaikan suku bunga lanjutan Federal Reserve yang mengecewakan.

Kuatnya pergerakan rupiah hingga siang ini masih berdampak baik terhadap perdagangan bursa saham, dimana asing masing lakukan aksi belinya meski net buy berkurang menjadi  Rp195 miliar lebih. Masuknya modal asing cukup besar siang ini mensupport kenaikan IHSG mencapai 0,3 persen ke posisi 4874.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang ini bergerak positif dengan posisi kenaikan  1,26% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13153/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13106/US$.  Penguatan  kurs hingga  siang ini seiring  dengan penguatan  yang dilakukan BI sedikit terhadap  kurs jisdor dan juga kurs transaksi antar bank.

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat ke posisi 13166 dari hari sebelumnya 13169 pada hari Rabu (16/03), sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13232   dari posisi 13235 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah hingga akhir pasar spot hari ini  berpotensi menguat  hingga akhir perdagangan oleh optimisme pasar global terhadap rupiah, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13195  resistance  13072 per dollar.  

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here