Ledakan Teror di Bandara Brussel Membuat Euro Terbakar Kembali

549

Pergerakan kurs Euro yang dibuka kuat pada perdagangan sesi Asia merespon dini rilis data ekonomi Jerman yang positif sore ini berbalik arah setelah ledakan bom yang baru saja terjadi di bandara internasional Brussels pagi hari waktu Belgia.

Ledakan yang diduga aksi teroris  melukai dan menewaskan banyak orang di bandara paling sibuk dunia tersebut. Dugaan teror disebabkan 4 hari sebelumnya pelaku teror Paris ditangkap di kota tersebut. Dua ledakan keras  yang akhirnya membuat bandara untuk sementara ditutup inilah membuat pasar alihkan dananya ke safe haven seperti yen dan emas.

Sejak awal perdagangan euro sudah diperkirakan akan rebound dari 2 hari perdagangan berturut yang alami profit taking, sentiment yang dapat menghijaukan pair EURUSD hari ini dari data German IFO Business Climate dan ZEW Economic Sentiment.

Dari sisi pergerakan dollar AS, indeks dollar yang mengukur kekuatan dollar AS terhadap rival utamanya masih menunjukkan pergerakan positif meski yen berhasil menghajarnya dengan sangat signifikan

Pergerakan kurs Euro di sesi Eropa (08:20:35 GMT) bergerak lemah   terhadap dollar AS,  setelah  dibuka turun   pada   1.1239  di   awal   perdagangan   (00.00 GMT),  kurs  Euro turun 38 pips  atau 0,4%  dan nilai bergulir  berada pada 1.1201.

Untuk perdagangan selanjutnya hingga penutupan perdagangan sesi Amerika berakhir besok pagi, analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair EURUSD dapat turun  ke posisi support  1.1151  namun jika koreksi maka pair dapat naik kembali ke kisaran  1.1273-1.1304.
.

 

 

Joel/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here