Aktifitas Manufaktur Dan Jasa Zona Eropa Maret Rebound

644

Ekonomi zona euro tumbuh lebih cepat pada bulan Maret, menurut data survei yang dirilis pagi ini. Indeks Markit pembelian manajer naik menjadi skor 53,7. Ini menandai rebound dari hasil Februari yang merupakan hasil terendah 12-bulan pada 53.

Hal ini juga menempatkan PMI lebih lanjut di atas tanda 50 tidak ada perubahan, yang berarti ekonomi tumbuh lebih cepat.

euro-area-composite-pmi

Zona euro juga mencatatkan pertumbuhan lebih cepat baik di sektor manufaktur dan jasa. Untuk Markit Manufacturing PMI Flash Maret membukukan hasil 51,4, naik dari perkiraan ekonom 51,3, juga naik dari hasil sebelumnya pada 51,2.

Demikian juga untuk Markit Services PMI Flash Maret mencatatkan hasil 54, naik dari perkiraan  ekonom pada 53,3, demikian juga dari hasil sebelumnya pada 53,3.

Ekonomi zona euro telah berjuang untuk mendapatkan momentum setelah resesi 2008-2009 dan telah tumbuh pada tingkat lamban sejak pertengahan 2013.

Lihat : Kepercayaan Bisnis Jerman Meningkat Setelah 4 Bulan Merosot

Bank Sentral Eropa baru-baru ini menggenjot program pembelian aset untuk € 80 miliar per bulan dari € 60 miliar per bulan dalam upaya untuk meningkatkan pertumbuhan dan inflasi. Hal ini juga menurunkan suku bunga acuan lebih lanjut dan menawarkan putaran lain dari pinjaman murah untuk bank.

“Zona euro melihat tanda-tanda kehidupan. PMI Maret menunjukkan akhir dari tren perlambatan yang mengkhawatirkan yang dilihat dalam dua bulan pertama tahun ini, menempatkan zona euro di jalur untuk ekspansi 0,3 persen dari PDB di kuartal pertama, “kata kepala ekonom Markit Chris Williamson.

“Ekonomi Jerman tampak telah diperluas sebesar 0,4 persen pada kuartal pertama, namun Prancis tetap dekat dengan stagnasi meskipun melihat kembali ke pertumbuhan pada bulan Maret.”

Tanggapan survei juga menunjukkan harga yang terus turun, yang menunjukkan tingkat inflasi zona euro yang sudah lemah bisa tetap tenang untuk beberapa waktu.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here