Sebagian Bursa Global Bullish Terpicu Perlambatan Kenaikan Suku Bunga AS

526

Di antara 63 indeks saham utama dunia, 28 indeks dengan nilai gabungan $ 28,5 triliun berada di pasar bullish. Lainnya yaitu 10 indeks dengan $ 4,3 triliun siap untuk bergabung dengan mereka.

Pasar saham global rebound dari terburuk Januari dalam tujuh tahun karena harga minyak pulih dan Federal Reserve memperlambat jumlah kenaikan suku bunga, menambah sinyal bank sentral utama dunia tetap dovish. Hal ini juga membantu untuk meredakan kekhawatiran investor atas hambatan pada perekonomian dunia dari pertumbuhan terlemah Tiongkok dalam seperempat abad. MSCI All-Country World Index melonjak 12 persen dari posisi terendah sejak 11 Februari.

Namun, beberapa manajer uang mempertanyakan kekuatan reli mengutip harapan yang lebih rendah untuk pendapatan perusahaan. Sementara perkiraan keuntungan bagi perusahaan global telah meningkat sedikit pada bulan Maret, mereka tetap 15 persen di bawah rekor tertinggi dicapai pada 2007. Analis sedang menunggu untuk melihat bukti kuat untuk meningkatkan kegiatan ekonomi sebelum menaikkan proyeksi mereka, demikian menurut William Hobbs dari Barclays Plc.

Lihat : Serangan Teror Brussel Menakutkan Pasar Keuangan Eropa

“Untuk ini untuk dikukuhkan sebagai pasar bullish, kenaikan harga harus disertai dengan estimasi pendapatan meningkat,” kata Hobbs, kepala strategi investasi di unit manajemen kekayaan dari Barclays di London.

Pada kuartal pertama telah terjadi kenaikan untuk pasar saham. Munculnya pasar bull dari Brasil ke Rusia secara berurutan selama bulan lalu kontras dengan tiga minggu pertama awal tahun ketika sebanyak 40 pasar ekuitas dengan nilai total $ 27 triliun telah terjun ke wilayah bearish. Pedagang biasanya mendefinisikan bullish jika minimal 20 persen dari pasar bearish yang rendah, dan sebaliknya.

Lihat : Bursa Wall Street Berakhir Mixed Terpengaruh Serangan Brussels

Kekhawatiran bahwa pasar dibayangi pelemahan pada pergantian tahun belum pergi: Pertumbuhan Tiongkok yang lebih lambat, peningkatan risiko politik di pasar negara berkembang dan kekenyangan di pasar minyak. Namun, Barclays percaya tahun 2016 akan ditandai dengan “latar belakang ekonomi yang sedikit lebih cerah” dibandingkan dengan tahun lalu, kata Hobbs.

“ISM manufaktur AS pada awal April jelas akan sangat penting di sini, karena cenderung mengarah kepada estimasi pendapatan global,” katanya. “Beberapa pesimisme tersirat dalam perkiraan pendapatan mungkin memudar.”

Manufaktur mungkin meningkat untuk bulan ketiga di bulan Maret, kata ekonom sebelum Institut laporan Supply Management pada 1 April. Data lain pada hari yang sama mungkin menunjukkan perusahaan mempekerjakan sedikitnya 200.000 pekerja untuk bulan kedua dan pengangguran AS bertahan di level terendah delapan tahun.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here