Thailand Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi, Pembangunan Infrastruktur Digalakkan

2317

Bank of Thailand (BOT), yang sebelumnya mempertahankan suku bunga tetap di 1,50 persen seperti yang diperkirakan, memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi 2016 menjadi 3,1 persen dari 3,5 persen. Pada Juni tahun lalu, diperkirakan pertumbuhan 4,1 persen.

Bank sentral juga mengatakan ekspor saat ini diperkirakan akan menyusut 2 persen pada tahun 2016, bukan datar.

Pengeluaran fiskal yang tinggi dan pariwisata sebagian diimbangi jatuhnya ekspor dan perekonomian dan terus menghadapi risiko global, asisten Gubernur BOT Jaturong Jantarangs menyatakan dalam penjelasan.

“Momentum ekonomi keseluruhan melambat, menyusul pengaruh ukuran rabat pajak pemerintah sekitar akhir tahun lalu dan pembelian mobil dipercepat sebelum kenaikan cukai kendaraan tahun ini,” kata Komite Kebijakan Moneter dalam sebuah pernyataan.

Penjualan mobil memiliki penurunan dua digit dari tahun sebelumnya di kedua bulan Januari dan Februari.

Lihat : Bank Thailand Pertahankan Suku Bunga 1,5%, Stimulus Pemerintah Dicermati

Meskipun kudeta militer berakhir Mei 2014, ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara tersebut belum mendapatkan kembali kenaikan, dengan ekspor dan permintaan domestik yang lemah.

Ekonomi tumbuh 2,8 persen tahun lalu, naik dari 0,8 persen pada 2014, tetapi pemulihan masih rapuh.

Dalam upaya untuk mengangkat aktifitas, pemerintah mempercepat belanja dan memperkenalkan langkah-langkah stimulus jangka pendek. Proyek infrastruktur yang direncanakan sebagian besar belum dapat berlangsung.

Pemerintah berencana memberikan stimulus, termasuk pinjaman rumah untuk berpenghasilan rendah, keringanan pajak dan bantuan tunai.

Janji belanja pemerintah tahun ini mungkin telah membantu optimisme bisnis Thailand membaik setelah dua kuartal penurunan, survei Thomson Reuters / INSEAD menunjukkan pada hari Rabu.

Para ekonom mengatakan perbaikan dalam pertumbuhan tahun ini akan bergantung pada permintaan global yang lebih baik dan proyek-proyek investasi besar, yang menteri keuangan mengatakan akan melaksanakannya pada semester kedua tahun ini.

Konsumsi, yang menyumbang setengah dari perekonomian, tetap lamban, tertahan oleh hutang rumah tangga tinggi, harga pertanian rendah dan kekeringan.

 

Freddy/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here