Penjualan Ritel Februari Hong Kong Terburuk Sejak 1999

859

Penjualan ritel Hong Kong pada bulan Februari anjlok terbesar sejak tahun 1999 karena sedikitnya turis Tiongkok yang mengunjungi kota Hong Kong selama liburan Tahun Baru Imlek.

Penjualan ritel turun 21 persen pada Februari menjadi HK $ 37 miliar ($ 4,8 miliar) dari tahun ke tahun, menurut pernyataan dari departemen statistik Hong Kong. Menggabungkan Januari dan Februari, penjualan turun 14 persen. Penurunan bulanan adalah yang terburuk sejak Januari 1999 ketika penjualan juga turun 21 persen.

hong-kong-retail-sales-annual

“Terlepas dari hambatan parah dari perlambatan berlarut-larut dalam arus masuk pariwisata, konsolidasi pasar aset mungkin juga membebani sentimen konsumsi lokal,” kata pemerintah dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis (31/03). “Prospek jangka pendek untuk penjualan ritel masih akan dibatasi oleh kinerja pariwisata yang lemah dan prospek ekonomi yang tidak menentu.”

Pemerintah akan memonitor dampak terhadap lebih luas ekonomi dan pekerjaan pasar, katanya.

Chow Tai Fook Jewellery Group Ltd, rantai perhiasan terbesar yang terdaftar di dunia, dan Sa Sa International Holdings Ltd melaporkan melemahnya penjualan selama liburan ketika wisatawan Tiongkok memasuki wilayah turun 12 persen selama 7-13 Februari. Kekalahan pasar saham dan perekonomian Tiongkok melambat telah mempengaruhi sentimen konsumen untuk barang-barang mewah, Chow Tai Fook mengatakan.

Pengunjung Tiongkok diproyeksikan turun 3,2 persen untuk tahun ini, menurut Hong Kong Tourism Board, dengan pengeluaran rata-rata turun 4 persen menjadi HK $ 6.948.

Penjualan perhiasan, jam tangan dan jam, dan hadiah berharga turun 24 persen, sedangkan barang listrik dan peralatan fotografi anjlok 27 persen, menurut pernyataan hari Kamis.

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here