Rupiah Awal April Kalahkan Dollar Cukup Kuat

686

Mengakhiri perdagangan  pasar valas tanah air akhir pekan (1/04), rupiah berhasil mempertahankan posisi kuat diawal perdagangan seiring dengan posisi penguatan kurs yang ditetapkan BI. Suramnya laju dollar AS terhadap rival-rival utamanya membuat rupiah dapat kekuatan untuk mencetak penguatan mingguan setelah 2 pekan sebelumnya anjlok.

Penguatan rupiah hingga sore  ini  memberikan tambahan keuntungan bagi bursa saham, dimana  asing semakin banyak lakukan aksi belinya  dan mencetak net buy sebesar Rp475 miliar lebih. NAmun masuknya modal asing cukup besar siang ini tidak membuat  IHSG kuat, justru melemah tipis.

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan  0,54% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13167/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13206/US$.  Dari sisi kurs jisdor dan kurs BI, rupiah Jumat diperkuat dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke posisi 13200 dari hari sebelumnya 13276 pada hari Kamis (31/03),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat   ke posisi 13266   dari posisi 13342 perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan awal pekan,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah  bergerak positif kembali  oleh proyeksi pelemahan dollar  diakhir perdagangan malam ini.

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here