Bursa Eropa Bergerak Mixed; Indeks DAX Tertekan Data Industri Jerman

830

Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih tinggi pada pembukaan perdagangan Rabu (06/04), terdorong kenaikan harga minyak mentah dan investor mencerna data baru dari Tiongkok dan Jerman.

Meskipun perdagangan bergolak Selasa, harga minyak melihat tanda-tanda pemulihan pada Rabu, menyusul komentar dari Gubernur OPEC Kuwait, Nawal Al-Fuzaia, yang mengatakan ada “indikasi positif” bahwa kesepakatan antara produsen minyak terkemuka akan tercapai.

Harga minyak mentah berjangka Brent dan minyak mentah berjangka AS melihat keuntungan lebih dari 2 persen, berada pada sekitar masing-masing $ 38,75 dan $ 37.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,4 persen di awal perdagangan, dengan sebagian besar sektor membukukan keuntungan yang kuat.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.126,37, naik 35,14 poin atau 0,58%

Indeks DAX berada pada posisi 9.536,03, turun -27,33 poin atau -0,29%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.268,20, naik 17,92 poin atau 0,42%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 8.427,70, naik 40.00 poin atau 0.48%

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Negatif Tergerus Pelemahan Komoditas

Pasar Asia ditutup mixed pada hari Rabu. Pasar berfluktuasi dalam perdagangan, menyusul survei yang menyatakan bahwa sektor jasa Tiongkok menguat pada bulan Maret, dengan indeks Caixin layanan pembelian manajer (PMI) untuk Maret naik ke 52,2, naik dari pembacaan Februari dari 51,2. Angka di atas 50 menunjukkan ekspansi.

Mengikuti lemahnya angka PMI akhir untuk zona euro pada Selasa, pada Rabu produksi industri Jerman jatuh 0,5 persen pada bulan ini, turun dari kenaikan 2,3 persen yang terlihat di bulan Januari; Reuters melaporkan.

Investor di Eropa dan AS juga akan mencermati hasil terbaru dari risalah FOMC. Acara ini mungkin dapat memberikan beberapa wawasan tentang bagaimana opini pembuat kebijakan berikut nada dovish terbaru dari ketua Federal Reserve Janet Yellen.

Meresepon kenaikan minyak mentah, saham Tullow Oil naik lebih dari 3 persen. Namun harga logam tetap lemah, menyebabkan saham ArcelorMittal jatuh lebih dari 2 persen.

Perusahaan coklat Swiss Barry Callebaut melompat ke atas benchmark, sekitar 9 persen, setelah perusahaan mengumumkan bahwa penjualan meningkat 5,6 persen menjadi 3,42 miliar franc Swiss ($ 3560000000) selama semester pertama tahun fiskal, yang berakhir pada bulan Februari.

Ritel fashion H & M mengumumkan laba kuartal pertama untuk 2016, dengan penjualan telah meningkat sebesar 9 persen dalam mata uang lokal; dengan laba kotor datang pada 22,7 miliar krona Swedia ($ 2790000000). Saham naik 3,8 persen, sedangkan pengecer lainnya juga naik, termasuk Next.

Kelompok maskapai Air France-KLM melihat saham tenggelam lebih dari 3 persen, menyusul pengumuman bahwa CEO-nya Alexandre de Juniac akan mengundurkan diri.

Saham kesehatan lebih tinggi pada Rabu, dengan saham Shire dan AstraZeneca melihat keuntungan yang tajam. Hal ini muncul setelah laporan bahwa Pfizer dan Allergan sepakat untuk mengumumkan penghentian merger mereka.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah, yang jika terus menguat akan berpotensi mengangkat bursa Eropa.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here