Bursa Eropa Akhir Pekan Naik; Mingguan Turun 0,4 Persen

936

Bursa Saham Eropa ditutup naik pada akhir perdagangan akhir pekan hari Jumat lebih tinggi dengan volatilitas harga di pasar komoditas dan data perdagangan positif dari Jerman.

Indeks FTSE 100 ditutup pada posisi 6.204,41, naik 67,52 poin atau 1,10%

Indeks DAX ditutup pada posisi 9.622,26, naik 91,64 poin atau 0,96%

Indeks CAC 40 ditutup pada posisi 4.303,12, naik 57,21 poin atau 1,35%

Indeks IBEX ditutup pada posisi 8.427,60, naik 134,70 poin atau 1,62%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 ditutup menguat sebesar 1,1 persen, namun turun 0,4 persen untuk minggu ini, dengan saham minyak dan gas positif.

Lihat : Bursa Eropa Bergerak Positif Mencermati Volatilitas Harga Komoditas

Harga minyak mentah berjangka Brent naik lebih dari 5 persen sementara minyak mentah berjangka AS lebih dari 6 persen lebih tinggi pada penutupan Eropa. Ini datang pada harapan baru atas pembekuan diusulkan dalam produksi minyak.

Investor juga didukung oleh data perdagangan yang positif dari Jerman dan laporan bahwa pemerintah Italia bekerja pada rencana untuk membantu menyelamatkan empat bank kecil di negara ini. Ini dibantu rebound di sektor Jumat, setelah berada di bawah tekanan pada awal minggu, dengan bank-bank seperti Banco Popolare melonjak 10 persen.

Lihat : Surplus Perdagangan Februari Jerman Melebar

Saham Unicredit naik 9 persen setelah bank Italia mengatakan pasar akan bereaksi positif terhadap € 1760000000 ($ 2 milyar) meningkatkan modal Banca Popolare di Vicenza ini. Unicredit adalah satu-satunya penjamin Banca Popolare di Vicenza.

Sementara itu, Komisi Eropa mengatakan akan memotong denda € 445.884.000 dikenakan pada Societe General pada bulan Desember tahun 2013 dalam kaitannya dengan kasus Euribor, mengirimkan saham dari pemberi pinjaman Prancis ini lebih tinggi sebesar 2,6 persen.

Sentimen positif di Eropa datang setelah beberapa komentar kunci untuk gubernur bank sentral global dan beberapa pergerakan tajam untuk mata uang dunia. Pada hari Kamis, Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen mengatakan AS tidak dalam “gelembung ekonomi”, menambahkan bahwa pasar tenaga kerja telah pulih.

Sementara itu, Menteri Keuangan Jepang Taro Aso mengatakan negara akan mengambil “langkah yang diperlukan” untuk mengendalikan kenaikan Yen. Pasar Asia diperdagangkan secara luas lebih rendah semalam tetapi Nikkei 225 menguat setelah komentarnya.

Presiden Fed New York William Dudley Jumat pagi mengatakan kehati-hatian, pendekatan bertahap untuk kenaikan suku bunga adalah tepat. Dia mencatat berlanjutnya risiko eksternal terhadap ekonomi AS, meskipun beberapa kekuatan dan tanda-tanda inflasi di dalam negeri.

Pasar saham AS dibuka lebih tinggi, dibantu oleh reli harga minyak dan komentar dari pembuat kebijakan kunci Fed.

Dalam berita saham individu, saham Telecom Italia selesai 6 persen lebih tinggi setelah kepala eksekutif Vivendi, yang memiliki saham 24,9 persen di perusahaan, mengatakan bahwa Telecom Italia tidak perlu pergi ke pasar untuk kenaikan modal untuk meningkatkan arus kas dan investasi.

Berbicara kepada surat kabar Il Sole 24 Ore, Arnaud de Puyfontaine menolak mengomentari kemungkinan kesepakatan antara Vivendi dan perusahaan penyiaran Italia Mediaset, mengatakan bahwa “Tujuan kami adalah untuk membangun sebuah grup media Latin dengan mitra telekomunikasi kunci”. saham Mediaset selesai 5 persen lebih tinggi.

Saham maskapai penerbangan Air France-KLM juga berakhir di wilayah positif setelah perusahaan melaporkan peningkatan lalu lintas penumpang di bulan Maret.

Sedangkan Goldman Sachs menaikkan proyeksi untuk baja Eropa, Timur Tengah dan Afrika, membuat saham di pembuat baja Arcelor Mittal dan Voestalpine lebih tinggi.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, bursa Eropa akan mencermati perkembangan bursa global, khususnya bursa Tiongkok dengan dirilisnya banyak data ekonomi Tiongkok Senin ini, yang jika memburuk dapat menekan juga bursa Eropa. Juga akan mencermati pergerakan harga minyak mentah.

 

Freddy/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here