Rupiah Rabu Terpangkas Disaat Pelemahan Dollar

1113

Mengakhiri perdagangan  pasar valas hari Rabu (20/04), rupiah yang dibuka kuat  di sesi pagi berakhir melemah meskipun  kekuatan dollar AS berusaha dipangkas rival-rival utamanya pada perdagangan pasar spot sesi Eropa. Sepanjang hari dollar terus berusaha keras melawan rival-rivalnya apalagi sesi malam nanti ada sentimen positif dari data existing home sales.

Bergerak negatifnya rupiah sepanjang hari tidak membuat semangat asing banjiri bursa  bursa saham kendor, justru  net buy meningkat menjadi  Rp152 miliar lebih.  Aksi investor  asing ini tidak memberi support tambahan pada  laju IHSG yang berakhir  melemah 0,1% ke posisi 4877.

Lihat:   7 Sektor Gagal Kuatkan IHSG, Saham Property Terbaik

Pergerakan kurs Rupiah  di pasar spot siang  ini bergerak negatif dengan posisi penurunan  0,06% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13144/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13112/US$.  Dari sisi kurs jisdor  dan  kurs BI, rupiah Rabu diperkuat  dari perdagangan sebelumnya. 

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat  ke posisi 13133 dari hari sebelumnya 13150 pada hari Selasa (19/04),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13199  dari posisi 1316   perdagangan sebelumnya.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari,  analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah   berpotensi bergerak positif  kembali oleh proyeksi pelemahan dollar   diakhir perdagangan malam ini.

 

 

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here