Bursa Eropa Bergerak Mixed Menantikan Keputusan Kebijakan ECB

622

Bursa saham Eropa bergerak mixed pada awal perdagangan Kamis (21/04), terpengaruh hasil mengecewakan laba emiten yang menekan pasar menjelang keputusan kebijakan moneter dari Bank Sentral Eropa (ECB).

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,2 persen pada pembukaan sebelum bergerak datar. Sektor sebagian besar lebih rendah.

Indeks FTSE 100 berada pada posisi 6.379,44, turun -30,82 poin atau -0,48%

Indeks DAX berada pada posisi 10.427,24, naik 5,95 poin atau 0,06%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.582,81, turun -9,11 poin atau -0,20%

Indeks IBEX 35 berada pada posisi 9.184,00, naik 36,80 poin atau 0,40%

Lihat : Awal Bursa Eropa 20 April Bergerak Turun Merespon Pelemahan Minyak Mentah

ECB akan bertemu pada Kamis ini, namun bank sentral secara luas diperkirakan mempertahankan suku bunga menyusul keputusan bulan lalu untuk menurunkan suku bunga utamanya, memperluas program pembelian obligasi 80 miliar euro ($ 90300000000) per bulan dan menambahkan obligasi korporasi ke dalam campuran.

Perdagangan positif di bursa Asia memberi Eropa sedikit dorongan pada hari Kamis, setelah pasar utama Asia menguat pada Kamis, dengan indeks Nikkei 225 naik lebih dari 2,5 persen terdukung pelemahan yen.

Harga minyak mentah Brent dan minyak mentah AS melihat sedikit kenaikan, perdagangan masing-masing sekitar $ 45,90 dan $ 44,35. Meskipun kurangnya pergerakan harga, saham-saham minyak lebih tinggi, dengan saham Tullow Oil dekat bagian atas benchmark, naik sekitar 5 persen.

Harga logam yang mencatatkan keuntungan yang solid pada awal perdagangan, membantu kinerja dalam sektor sumber daya dasar. Anglo American mengatakan hasil operasi kuartal pertama sejalan dengan periode yang sama di tahun 2015 untuk tembaga, namun hasil mengungkapkan produksi berlian dan produksi bijih besi di Kumba mengalami penurunan di kuartal ini. Saham naik lebih dari 1 persen.

Saham BHP Billiton naik hampir 3 persen, setelah penambang mengatakan tidak mengharapkan kenaikan harga baru-baru ini di harga bijih besi dan batubara untuk tetap selama lebih dari beberapa bulan, Reuters melaporkan. JP Morgan juga menaikkan target harga pada saham.

Salah satu pemain top Eropa pada perdagangan awal adalah Volkswagen, yang naik 6 persen, menyusul laporan bahwa mereka telah mencapai kesepakatan dengan pemerintah AS untuk menyelesaikan kasus kecurangan tes emisi diesel, yang melibatkan pembayaran sebesar $ 5.000 untuk setiap pelanggan yang terkena dampak, menurut koran Welt Die. VW milik Porsche naik tajam merespon berita tersebut,

Sedangkan saham merek mewah Hugo Boss turun lebih dari 3 persen, setelah RBC menurunkan target harga pada saham.

Saham Ericsson turun, setelah pembuat peralatan telekomunikasi tersebut mengungkapkan bahwa penjualan kuartal pertama mengalami penurunan sebesar 2 persen tahun-ke-tahun, karena “lingkungan ekonomi makro yang lemah”. Saham tenggelam 8 persen.

Di tempat lain dalam pendapatan, Pernod Ricard juga jatuh 4 persen setelah pembuat minuman melaporkan penjualan kuartal ketiga telah gagal memenuhi harapan. Perusahaan mengatakan inovasi itu mempercepat, namun tekanan Tiongkok terus membebani perusahaan.

Dassault Systemes mengusulkan kenaikan 9 persen dividen tahunan untuk tahun fiskal 2015, sedangkan pendapatan untuk kuartal pertama datang di € 693.500.000 ($ 783.500.000). Namun saham tenggelam 4,5 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pertemuan ECB dan hasil suku bunga ECB, yang jika tidak sesuai harapan akan menekan bursa Eropa. Juga perlu diperhatikan pergerakan harga minyak mentah.

 

Freddy/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here