Pertumbuhan Ekonomi Korea Selatan Q1-2016 Melambat Tajam

740

Pertumbuhan Ekonomi Korea Selatan melambat tajam pada kuartal pertama dari tiga bulan sebelumnya, karena pelemahan ekspor yang terus membebani pertumbuhan, kemungkinan menambah tekanan pada bank sentral untuk mengambil tindakan pelonggaran lebih lanjut.

Produk domestik bruto yang disesuaikan secara musiman tumbuh 0,4% pada periode Januari-Maret 2016, turun dari kuartal sebelumnya setelah direvisi 0,7% dalam tiga bulan terakhir tahun 2015, data awal dari Bank of Korea menunjukkan Selasa (26/04). Angka terbaru ini menjawab perkiraan median untuk ekspansi 0,6% pada kuartal pertama, menurut survei Wall Street Journal.

south-korea-gdp-growth (1)

Pada basis tahun-ke tahun, ekonomi tumbuh 2,7% pada kuartal pertama menyusul kenaikan 3,1% direvisi pada periode tiga bulan sebelumnya. Para ekonom telah memperkirakan pertumbuhan 2,6% untuk kuartal pertama.

south-korea-gdp-growth-annual

Perlambatan pertumbuhan terjadi setelah bank sentral pekan lalu memangkas proyeksi pertumbuhan sebesar 0,2 persentase poin menjadi 2,8% untuk tahun ini. Bank of Korea menyatakan gejolak pasar di Tiongkok awal tahun ini dan dampak perdagangan global yang lesu pada ekspor Korea sebagai alasan utama untuk memangkas prospek pertumbuhan tahunan.

Data terakhir pabean untuk bagian pertama dari April bahwa ekspor Korea cenderung jatuh lagi untuk seluruh bulan, menyusul penurunan 15 bulanan berturut pada Maret karena permintaan global yang lemah, terutama dari Tiongkok, membebani ekspor. Tiongkok, pasar luar negeri terbesar Korea, mengambil di sekitar seperempat dari pengiriman negara di luar negeri.

Perambatan pertumbuhan Korea juga berasal dari permintaan domestik yang lamban sebagian terkena tantangan demografi populasi penuaan dan tingkat kelahiran yang rendah.

Meskipun tekanan pasar untuk meningkatkan lemahnya perekonomian Korea, bank sentral bulan ini mempertahankan suku bunga kebijakannya tidak berubah untuk 10 bulan berturut-turut. BOK mengatakan saat ini tingkat suku bunga 1,5% cukup akomodatif untuk membantu memulihkan kenaikan, sementara tetap menyediakan ruang pelonggaran untuk pemotongan jika diperlukan.

Sikap berhati-hati pada pelonggaran mencerminkan kekhawatiran bank atas suku bunga yang lebih rendah yang mungkin memperburuk tingkat tinggi konsumsi rumah tangga. Sebuah penurunan suku bunga juga bisa memicu pelarian modal terutama jika AS bergerak lagi untuk mengetatkan kebijakan moneter.

Sebagian besar analis pasar yang disurvei sesaat sebelum keputusan suku bunga April oleh Bank of Korea mengatakan mereka masih mengharapkan tingkat pemotongan beberapa waktu kemudian tahun ini – dalam sebuah langkah besar dikoordinasikan dengan kemungkinan stimulus pemerintah lebih lanjut. BOK terakhir memotong tingkat suku bunga pada bulan Juni 2015.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here