Tingkat Utang Tiongkok Capai Rekor 237 Persen Dari PDB

700

Tingkat utang Tiongkok telah meningkat ke rekor 237 persen dari produk domestik bruto, menurut sebuah laporan yang dilansir Financial Times pada akhir pekan, memperkuat peringatan bahwa negara bisa menuju krisis keuangan pada seperti masa Lehman atau periode berlarut-larut pertumbuhan rendah seperti yang telah dialami Jepang selama dua dekade terakhir.

Laporan tersebut menyatakan bahwa total utang di Tiongkok, termasuk pinjaman luar negeri dan dalam negeri, telah naik ke $ 25 triliun yang merupakan hasil dari ekspansi yang cepat dari pinjaman sejak pecahnya krisis keuangan global pada 2008-2009. Pada tahun 2008, utang Tiongkok berada pada 148 persen dari PDB.

Ketika krisis meletus, menyebabkan kontraksi perdagangan dunia di bulan pertama tahun 2009 pada tingkat yang lebih cepat dari pada periode depresi awal tahun 1930-an, pertumbuhan ekspor dan pertumbuhan ekonomi Tiongkok runtuh, menyebabkan hilangnya 23 juta pekerjaan. Pemerintah menanggapi dengan paket stimulus dari setengah triliun dolar dan ekspansi besar-besaran kredit kepada perusahaan milik negara dan pemerintah daerah. Ekspansi kredit telah diperkirakan setara dengan seluruh sistem keuangan AS.

Lihat : Peningkatan Kredit Berpotensi Menekan Ekonomi Tiongkok

Harapan dari pemerintah Tiongkok adalah bahwa perekonomian dunia akan mengalami pemulihan setelah krisis dan ekspor akan melanjutkan jalan sebelumnya. Tapi hampir delapan tahun setelah krisis keuangan, ekonomi dunia terus stagnan. Paling signifikan, perdagangan dunia, yang sebelum krisis tumbuh pada tingkat lebih cepat dari GDP global, sekarang berjalan pada tingkat bawah pertumbuhan.
Sejak 2013, pemerintah dan keuangan pemerintah Tiongkok, mengakui bahwa perluasan infrastruktur investasi-khususnya di properti-tidak berkelanjutan. Tiongkok telah mencoba untuk “rebalancing” ekonomi menuju konsumsi dan perluasan layanan .

Tingkat pertumbuhan ekonomi telah jatuh dari tingkat sebelumnya sekitar 10 persen, menurunkan target resmi pemerintah untuk ekspansi ekonomi antara 6,5 ​​persen hingga 7,0 persen. Tetapi bahkan tingkat yang lebih rendah ini terbukti sulit untuk dipertahankan.

Gejolak ekonomi di paruh terakhir 2015, akibat krisis pasar saham pada bulan Agustus dan pertumbuhan melambat, memicu kekhawatiran dari “hard landing,” memimpin pemerintah untuk membuka kembali kredit untuk menopang perekonomian. Kuartal Pertama 2016 perkiraan pertumbuhan 6,7 persen, sejalan dengan proyeksi pemerintah namun demikian tingkat terendah sejak kedalaman krisis keuangan. Hasil yang dicapai hanya melalui ekspansi besar kredit.

Financial Times melaporkan bahwa menurut data bank sentral dan perhitungan sendiri, pinjaman baru meningkat sebesar 6,2 triliun renminbi pada kuartal pertama tahun ini, yang terbesar yang pernah meningkat selama periode tiga bulan, dan lebih dari 50 persen lebih tinggi dari periode yang sama tahun lalu.

Investor hedge fund global George Soros telah membandingkan ekonomi Tiongkok untuk situasi yang berlaku di Amerika Serikat sebelum runtuhnya 2008. Lainnya mempertahankan bahwa bank sentral China akan terus memompa uang ke dalam sistem keuangan dalam rangka untuk menangkal jatuhnya keuangan.

Krisis utang pemasangan memiliki implikasi yang luas bagi perekonomian global secara keseluruhan, dengan sejumlah besar negara, mulai dari Australia dan Brasil untuk ekonomi di Asia Tenggara, Afrika dan Amerika Latin, sangat tergantung pada lanjutan pertumbuhan ekonomi Tiongkok.

Dalam Laporan Stabilitas Keuangan Global baru-baru ini, Dana Moneter Internasional menarik perhatian pada masalah utang yang meningkat. Diperkirakan bahwa lebih dari 15 persen dari total kredit komersial di Tiongkok adalah “berpotensi berisiko,” yang berarti bahwa bank-bank menghadapi kehilangan 4,9 triliun renminbi, jumlah yang setara dengan 7 persen dari PDB. Lain memperkirakan bahwa stok kredit non-performing mungkin bahkan lebih tinggi.

Laporan World Economic Outlook, yang disiapkan untuk putaran musim semi nya dari pertemuan awal bulan ini, menunjuk substansial dan meningkatnya “spillover” efek pada negara maju dari sistem keuangan Tiongkok.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here