Indeks Shanghai Berpotensi Turun Terganjal Pelemahan Aktifitas Manufaktur

481
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Jumat (29/04), indeks Shanghai berakhir turun –7,14 poin, atau -0,24 persen, ke 2938.45. Pelemahan indeks Shanghai terpicu kehati-hatian investor menjelang libur hari buruh dan kekuatiran meningkatnya default obligasi dan volatilitas harga komoditas. Hasil negatif akhir pekan ini mengakumulasikan hasil penurunan -0,7 persen secara mingguan.

Lihat : Bursa Shanghai 29 April Ditutup Lemah; Mingguan Turun -0,7 Persen

Pada hari Senin (02/05), bursa Shanghai libur memperingati hari buruh. Untuk perdagangan selanjutnya diperkirakan bursa Shanghai akan mencermati data aktifitas manufaktur Tiongkok yang dirilis hari minggu kemarin yang mencatatkan pelemahan.

Aktivitas sektor manufaktur Tiongkok tumbuh untuk bulan kedua berturut-turut pada bulan April, namun turun tipis dibandingkan bulal sebelumnya, demikian survei resmi menunjukkan pada hari Minggu (01/05), meningkatkan keraguan tentang keberlanjutan kenaikan baru-baru ini di ekonomi negeri dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.

Indeks Pembelian Manajer resmi (PMI) membukukan hasil 50,1 pada bulan April, turun tipis dari bulan Maret 50,2 dan hampir di atas tanda 50-point yang memisahkan ekspansi dalam kegiatan dari kontraksi.

Lihat : Aktifitas Manufaktur Tiongkok April Turun Tipis

Kekuatiran perkembangan ekonomi Tiongkok masih dicermati oleh investor. Meningkatnya utang di negara tersebut serta pembatasan perdagangan komoditas, memicu kekuatiran ekonomi Tiongkok.

Harga komoditas turun di Tiongkok dalam menanggapi peraturan pembatasan perdagangan yang dikeluarkan pemerintah Tiongkok, memukul kepercayaan investor yang sudah rapuh.

Seperti yang diberitakan kemarin, kepercayaan pasar yang lemah, omset perdagangan Shanghai tinggal di dekat posisi terendah empat bulan, sedangkan marjin utang pinjaman, dimana investor meminjam uang untuk membeli saham, telah menyusut selama enam sesi berturut-turut.

Pada selasa pagi akan dirilis data Caixin Manufacturing PMI April yang diindikasikan naik tipis.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai diperkirakan berpotensi melemah terbatas dengan melemahnya aktifitas manufaktur Tiongkok, namun jika data Caixin Manufactur meningkat dapat mendukung bursa Shanghai. Indeks akan bergerak pada kisaran Support menembus level 2868-2768 dan jika harga menguat akan mencoba menembus level Resistance pada 3028-3132.


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here