Defisit Perdagangan Inggris Maret Menyusut, Namun Kuartal 1 Terlebar Sejak 2008

612

Defisit perdagangan Inggris melebar pada kuartal pertama 2016, terbesar sejak krisis keuangan, menambah tanda-tanda bahwa kelemahan global yang membebani perekonomian.

Defisit dalam tiga bulan pertama tahun ini melebar ke 13.273 miliar pound dari 12.205 miliar pound dalam tiga bulan terakhir 2015, yang terbesar bagi setiap kuartal kalender sejak kuartal pertama tahun 2008, Kantor Statistik Nasional (ONS) Inggris menyatakan pada Selasa (10/05).

Defisit barang saja melebar ke tertinggi sejak pencatatan yang sama yang dimulai pada tahun 1998 pada 34.694 miliar pound.

Sedangkan angka untuk bulan Maret saja menunjukkan beberapa perbaikan dengan defisit dalam perdagangan barang menyempit sedikit untuk 11.204 miliar pound, sedikit di bawah perkiraan ekonom untuk 11,3 miliar pound dalam jajak pendapat Reuters.

united-kingdom-balance-of-trade (2)

Pertumbuhan ekonomi Inggris melambat pada tingkat kuartalan 0,4 persen dalam tiga bulan pertama 2016, turun dari 0,6 persen dalam tiga bulan terakhir tahun 2015, dan ONS mengatakan perdagangan akan menjadi hambatan selama periode tersebut.

Angka Selasa menunjukkan bahwa volume barang ekspor pada kuartal pertama 2016 turun sebesar 0,1 persen, penurunan lebih kecil dari pada akhir 2015, sedangkan impor barang naik 1,5 persen.

Perlambatan ekonomi Tiongkok telah memukul perdagangan global sejak pertengahan tahun lalu, dan survei Markit untuk produsen Inggris telah menunjukkan pesanan ekspor yang lebih rendah setiap bulan sepanjang tahun ini – jangka terpanjang kejatuhan dalam tiga tahun.

Lihat : Surplus Perdagangan April Jerman Menggelembung

Namun angka-angka yang terpisah pada pesanan ekspor industri dari Konfederasi Industri Inggris telah menunjukkan tren yang sedikit lebih kuat.

Defisit besar transaksi berjalan Inggris mencapai 7,0 persen mencapai rekor ekonomi pada akhir tahun 2015, dimana Bank of England mengatakan berpotensi meninggalkan Inggris rentan jika negara meninggalkan Uni Eropa dalam referendum pada 23 Juni.

Namun banyak dari defisit ini disebabkan oleh lemahnya kinerja investasi di luar negeri Inggris, daripada defisit perdagangan.

Harga minyak mentah Brent menyentuh level terendah sejak tahun 2003 pada bulan Januari, membebani nilai ekspor Inggris, meskipun mereka telah pulih. Harga minyak yang lebih rendah cenderung mengurangi defisit perdagangan Inggris, karena merupakan net importer.


Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here