Rupiah Kamis Pagi Melemah Disaat Dollar Sedang Retreat

479

Memantau pergerakan kurs rupiah pada perdagangan pasar spot valas dan juga antar bank hari ketiga  pekan ini, rupiah Kamis pagi (19/05)  bergerak negatif setelah diawal perdagangan dibuka lebih rendah dari perdagangan sebelumnya.  Menurunnya nilai kurs seiring dengan pelemahan kurs jisdor yang dilakukan BI hari ini. Meski pergerakan  dollar AS terpantau sedang retreat namun rally sepanjang malam menjadi sentimen negatif bagi rupiah.

Lemahnya rupiah  di awal perdagangan menjadi sandungan bagi bursa saham, dimana investor asing lakukan profit taking dengan mencetak  net sell  beberapa saat setelah pasar dibuka sebesar Rp522 miliar lebih.  Sikap asing ini membuat  IHSG  anjlok 0,7% ke posisi 4704.

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot pagi ini bergerak negatif dengan posisi penurunan 1% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13514/US$ setelah  dibuka lemah  pada level Rp13442/US$.  Demikian kurs Jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  juga melemah ke 13467 dari posisi 13319 perdagangan hari Rabu (18/05).

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi melemah hingga akhir perdagangan  seiring penguatan  dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan Rupiah bergerak di level support di 13550  resistance  13439 per dollar.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here