Bursa Eropa Bergerak Naik Terbantu Penguatan Bursa Asia Dan Minyak Mentah

963

Bursa Saham Eropa menguat pada awal perdagangan hari Jumat (20/05) mengabaikan komentar hawkish dari pejabat Federal Reserve AS dan hasil risalah The Fed April yang mengangkat kemungkinan kenaikan suku bunga pada bulan Juni.

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 1,1 persen.

Indeks FTSE berada pada posisi 6.125,91, naik 72,56 poin atau 1,20%

Indeks DAX berada pada posisi 9.871,05, naik 75,16 poin atau 0,77%

Indeks CAC 40 berada pada posisi 4.318,05, naik 35,51 poin atau 0,83%

Lihat : Awal Bursa Eropa 19 Mei Negatif Tergerus Kekuatiran Kenaikan Suku Bunga AS

Pasar Eropa mengikuti bursa Asia dengan perdagangan yang lebih tinggi. Kedua bursa tampaknya telah mengabaikan komentar lebih hawkish dari Presiden Fed New York William Dudley Kamis yang mendorong indeks saham utama AS untuk menutup lebih rendah.

Harga minyak juga fokus pada Jumat. Harga naik pada awal perdagangan karena gejolak di Nigeria, kebangkrutan shale di AS dan krisis di Venezuela semua berkontribusi untuk pengetatan pasokan, kata Reuters. Harga minyak mentah berjangka internasional Brent dan WTI AS diperdagangkan lebih tinggi.

Saham di sektor ini lebih tinggi dengan saham Total dan BP di zona hijau.

Prospek kenaikan suku bunga AS telah memperkuat dolar AS dan menekan harga logam minggu ini. Namun harga tidak turun di perdagangan London pada hari Jumat, membantu untuk mendukung para penambang. Saham Glencore dan Anglo American diperdagangkan lebih tinggi.

Sektor otomotif juga dalam fokus, datang di bawah tekanan pada awal perdagangan namun membalikkan kerugian.

Namun Fiat Chrysler diperdagangkan lebih rendah setelah produsen mobil Italia menurun dan mengundang untuk bertemu dengan pemerintah Jerman untuk membahas emisi diesel. Fiat di bawah pengawasan dari pihak berwenang tentang tingkat emisi diesel. Menteri Transportasi Jerman Alexander Dobrindt mengatakan “perilaku tidak kooperatif” Fiat adalah “benar-benar tidak bisa dimengerti”.

Jerman Daimler membalikkan kerugian awal untuk perdagangan sedikit lebih tinggi. Para produsen mobil pada Kamis memangkas prospek untuk divisi truk yang mendorong sejumlah broker pada hari Jumat untuk memotong target harga mereka untuk saham.

Di sektor perbankan, Italia Unicredit adalah salah satu pemain top setelah laporan media menyarankan pemberi pinjaman sedang mengkaji rencana untuk menjual aset untuk meningkatkan permodalannya.

Sementara itu, Banca Monte dei Paschi di Siena berada di wilayah positif setelah penawaran oleh investor AS untuk beberapa yang kredit bermasalah ini dipilih, menurut laporan oleh Il Sole 24 Ore.

Dan investor mengabaikan laporan Wall Street Journal bahwa Deutsche Bank sedang menyelidiki perdagangan yang tidak benar yang menyebabkan jutaan dolar dalam keuntungan pribadi. Saham bank yang lebih tinggi.

Di tempat lain, Richemont, pemilik merek jam tangan mewah termasuk IWC dan Piaget, diperdagangkan melemah tajam setelah melihat penurunan tajam dalam penjualan dari kawasan Asia Pasifik pada tahun yang berakhir 31 Maret meskipun kenaikan keseluruhan penjualan untuk tahun ini. Natixis memotong prospek pada saham Richemont dari “membeli” menjadi “netral”. Namun saham Swatch, berada di wilayah negatif.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here