Pertemuan Pemimpin G-7 : Perlambatan Tiongkok Dan Brexit Menjadi Perhatian Penting

440

Para pemimpin dunia dari negara G-7 selama dua hari bertemu di Jepang untuk mendorong ekonomi global menuju pertumbuhan di tengah berbagai risiko termasuk ketegangan geopolitik, perlambatan di Tiongkok dan potensi Inggris keluar dari Uni Eropa.

Kelompok Tujuh negara industri – Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Inggris, Perancis, Italia dan Kanada, mencari pendekatan yang terkoordinasi pada pertemuan puncak di Jepang ditengah perbedaan atas kebijakan belanja fiskal, stimulus moneter atau struktural reformasi.

Negara G-7 akan menggunakan “semua alat kebijakan – moneter, fiskal dan struktural – individual dan kolektif untuk memperkuat permintaan dan pasokan terhadap kendala global sementara melanjutkan upaya kami untuk menempatkan utang pada jalur yang berkelanjutan,” kata kelompok itu dalam sebuah pernyataan Jumat (27/05) setelah pertemuan dua hari di Ise-Shima.

Perbedaan pendapat tentang bagaimana untuk menciptakan lapangan kerja dan pertumbuhan, baik melalui pengeluaran dan stimulus langkah-langkah yang diperjuangkan oleh pemimpin seperti Jepang Shinzo Abe dan Kanada Justin Trudeau, atau pendekatan dari disiplin anggaran didukung oleh pasar tenaga kerja lebih longgar dan daya saing yang lebih baik, ciri khas dari Kanselir Jerman Angela Merkel.

Perbedaan regional memainkan peran, sebagai ekonomi Asia merasakan beban perlambatan Tiongkok, sementara wilayah euro 19-negara berjuang dengan tujuh tahun krisis dan kelangkaan permintaan dan ekonomi AS menghidupkan kembali.

Shinzo Abe, tuan rumah, gagal dalam upayanya untuk G-7 untuk memperingatkan risiko krisis ekonomi global setelah membuat presentasi kepada para pemimpin lainnya, termasuk Presiden AS Barack Obama, yang menunjukkan ekonomi berpotensi membelok ke dalam krisis pada skala dari krisis 2008 Lehman Brothers.

Jepang telah menekan pemimpin G-7 untuk mencatat “risiko ekonomi global melebihi siklus ekonomi normal dan jatuh ke dalam krisis, jika kita tidak mengambil respon kebijakan yang tepat pada waktu yang tepat.” frase yang dibatalkan.

“Kami tidak pesimis tentang ekonomi global, tetapi jika kita tidak jelas sadar akan risiko, kita tidak akan dapat mengambil tindakan yang tepat,” kata Abe wartawan pada konferensi pers di mana ia berulang kali menyebut krisis Lehman. “Kita sebagai pemimpin G-7 mengadakan perdebatan menyeluruh pada perekonomian dunia dan sepakat bahwa kita menghadapi risiko besar.”

Abe telah sering mengatakan ia akan melanjutkan dengan rencana kenaikan pajak penjualan Jepang di April 2017 kecuali ada krisis seperti skala Lehman atau gempa bumi besar. Dia diperkirakan akan mengumumkan pekan depan menunda kenaikan pajak, media Jepang melaporkan.

Non-anggota Tiongkok menjadi pokok bahasan penting di pembicaraan G-7. Sebuah perlambatan di negara yang paling padat penduduknya di dunia, bersama kekenyangan baja global, telah mendorong kekhawatiran di kalangan negara maju bahwa gejolak bisa membuat gangguan di seluruh dunia.

“Kami ingin kecepatan yang baik dan berkembang dari pertumbuhan ekonomi Tiongkok,” kata Merkel sebelumnya Jumat. “Tiongkok juga memiliki tantangan struktural yang besar, yang kami berharap bahwa Tiongkok dapat mengatasi mereka, karena itulah dalam semua kepentingan kita.”

Para pemimpin menambahkan peringatan pada referendum Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa, mengatakan apa yang disebut Brexit akan “membalikkan kecenderungan perdagangan global yang lebih besar dan investasi dan pekerjaan yang mereka buat, dan merupakan risiko lebih lanjut yang serius untuk pertumbuhan. ” Peringatan itu tidak termasuk dalam draft komunike pada Kamis malam.

Ancaman lebih lanjut untuk ekonomi dunia termasuk konflik geopolitik meningkat, terorisme dan arus pengungsi, kata komunike.

Pemimpin menegaskan kembali komitmen mereka untuk nilai tukar ditentukan pasar. Mereka memperingatkan bahwa “volatilitas kelebihan dan gerakan kacau nilai tukar dapat memiliki implikasi yang merugikan bagi stabilitas ekonomi dan keuangan.”

Perdagangan merupakan pendorong utama pertumbuhan, kata dokumen. Ini menyanjung 12 negara anggota pakta perdagangan Trans-Pacific Partnership sebagai “langkah maju yang penting” dan menyerukan setiap negara untuk “menyelesaikan proses nasionalnya,”

Persetujuan akhir dari perjanjian itu telah menghadapi penundaan di negara-negara seperti AS dan Jepang, sementara Kanada belum berkomitmen untuk ratifikasi.

Pemimpin mengatakan mereka akan bekerja menuju kesepakatan prinsip pada Transatlantic Trade and Investment Partnership AS-Uni Eropa pada awal tahun ini, sementara mendorong Uni Eropa dan Kanada untuk membawa pakta perdagangan mereka berlaku secepat mungkin.

 

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here