Pernyataan Yellen Goncangka Pasar, Yen Terperosok, Minyak Naik Dan Obligasi Anjlok

755

Kecemasan atas prospek kenaikan suku bunga AS yang segera akan dilakukan pada bulan Juni mendominasi pergerakan perdagangan global, memukul nilai utang pemerintah dan nilai sebagian besar mata uang berkembang-bangsa.

Nilai mata uang emerging-market memperpanjang kerugiannya sampai hari Jumat lalu, memasuki satu bulan terburuk sejak Agustus terhadap dolar setelah Federal Reserve Ketua Janet Yellen mengisyaratkan pada hari Jumat kemarin bahwa kenaikan tarif mungkin beberapa waktu dalam beberapa bulan mendatang.

Emas jatuh untuk hari kesembilan di kemerosotan terpanjang dalam setahun, sementara obligasi Meksiko tenggelam dengan obligasi Jerman tengah jatuh di 10 tahun treasury berjangka. Indeks yang mengukur saham global yang diadakan di dekat empat minggu tinggi dengan volume perdagangan di Amerika dan Eropa lebih dari 50 persen di bawah rata-rata harian mereka di tengah penutupan pasar di AS dan Inggris Yen merosot hari kedua.

Obligasi

Obligasi tenor sepuluh tahun untuk pengiriman September turun 12/32, atau $ 3,75 per nilai obligasi $ 1.000. menjadi 129 10/32 pada pukul 17:00 waktu New York, menurut perdagangan elektronik di Chicago. Imbal hasil obligasi pemerintah Meksiko dalam berdenominasi peso untuk tahun 2026 naik tiga basis poin, atau 0,03 persen, menjadi 6,14 persen.

Imbal hasil obligasi sepuluh tahun Jerman naik tiga basis poin menjadi 0,17 persen, menghapus penurunan tiga basis pon di minggu sebelumnya. Imbal hasil obligasi Perancis dengan jatuh tempo yang sama, naik tiga basis poin menjadi 0,50 persen. Tingkat inflasi tahunan Jerman pindah ke nol pada Mei, kata Kantor Statistik Federal di hari Senin kemarin melebihi perkiraan rata-rata analis rata-rata yang memperkirakan ada di level 0,1 persen.

Di Asia, nilai utang Australia ke Korea Selatan yang bertenor 10 tahun, turun dua poin mundur setelah komentar Yellen, Jumat.

Mata Uang

MSCI Emerging Markets Index menurun 0,4 persen pada Senin, menjadi total 3 persen selama bulan Mei setelah tiga bulan berturut-turut naik.

Mata uang Chili, Peru dan Argentina melemah, sedangkan real Brasil melawan tren, naik 1,1 persen, tertinggi di antara mata uang utama, setelah kas negara melaporkan surplus anggaran utama yang mengalahkan ekspektasi semua ekonom. Keuntungan ini memangkas kerugian bulan Mei menjadi 3,9 persen.

Yuan turun 0,3 persen ke posisi terendah empat bulan di Shanghai setelah the Peoples’s Bank of China melemahkan nilai tukar tetap yuan sebesar 0,45 persen.

The Bloomberg Dollar Spot Index, yang melacak greenback terhadap 10 mata uang utama, naik 0,1 persen, membawa kenaikan untuk bulan Mei menjadi 3,6 persen.

Euro menguat setelah sebuah laporan menunjukkan kepercayaan ekonomi di blok mata uang 19-negara naik untuk bulan kedua pada bulan Mei yang menjadi kenaikan tertinggi untuk empat bulan terakhir. Euro naik 0,2 persen menjadi $ 1,1138, pengupas penurunan bulan ini menjadi 2,8 persen.

Yen adalah pemain terburuk di antara mata uang utama setelah won Korea, jatuh 0,7 persen menjadi 111,12 per dolar setelah seorang pembantu Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan kenaikan Pajak Penjualan mungkin akan tertunda. Data yang mendukung penundaan ini dalah data penjualan ritel yang dikeluarkan hari Senin kemarin menunjukkan pertumbuhan telah terhenti di ekonomi kedua terbesar di Asia ini.

Komoditas

Emas untuk pengiriman segera turun sebanyak 1 persen menjadi $ 1,199.80 per ounce, level yang terakhir terlihat pada bulan Februari, dan turun 6,9 persen pada Mei, penurunan bulanan terbesar sejak Juni 2013.
Perak turun 1,4 persen, sementara platinum mundur 0,7 persen. Tembaga berjangka tergelincir 0,8 persen di New York. London Metal Exchange juga ditutup pada Senin untuk liburan.

West Texas Intermediate minyak mentah naik 0,6 persen menjadi $ 49,6 per barel sebelum pertemuan minggu ini dari Organisasi Negara Pengekspor Minyak dan juga dipengaruhi oleh kerusuhan yang terjadi di dekat pelabuhan pengiriman minyak terbesar Libya. Total volume perdagangan sekitar 86 persen di bawah 100-hari rata-rata.

Isu termasuk pembekuan produksi akan dibahas pada pembicaraan OPEC di tanggal 2 Juni nanti, demikian pernyataan Irak Wakil Menteri Perminyakan Irak, Fayyad Al-Nima, yang akan memimpin delegasi negaranya. Minyak menuju kenaikan bulanan keempat, naik beruntun terpanjang sejak April 2011.

Saham

Indeks saham Ibovespa Brasil naik 0,2 persen, memangkas kerugian bulanan menjadi 9,2 persen, masih yang terbesar sejak September 2014. Produsen minyak milik Negara, Petroleo Brasileiro SA memiliki peranan besar dalam mendongkrak harga minyak ke level yang lebih tinggi.

MSCI Emerging Markets Index turun 0,1 persen, manambah penurunan untuk bulan Mei menjadi 3,9, terbesar sejak Januari.

Indeks S & P 500 naik 0,2 persen, setelah rally 0,4 persen pada hari Jumat untuk menutup kenaikan dalam satu pekan menjadi naik 2,3 persen. Stoxx Europe 600 Index naik 0,1 persen, di tengah volume perdagangan 61 persen di bawah 30-hari rata-rata, menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here