Kawasan Asia Pasifik Menggeliat, Kinerja Mata Uang Rupee Terburuk

778

Stoxx 600 Index Eropa menurun ke terendah satu minggu, MSCI Asia Pacific Index turun setelah kemenangan beruntun lima hari dan harga tembaga turun paling buruk dalam tiga minggu.

Yen menguat terbaik dalam sebulan setelah Jepang menunda kenaikan pajak penjualan, sementara rupee India turun setelah sebuah surat kabar lokal melaporkan bahwa Gubernur bank sentral Raghuram Rajan tidak ingin memperpanjang masa jabatannya. Minyak mentah tergelincir menuju $ 48 per barel sebelum pertemuan OPEC pada Kamis. Pound melemah untuk hari kedua karena spekulasi suara untuk Brexit menjadi lebih baik.

Indeks Manajer Pembelian Tiongkok untuk bulan Mei menambah bukti bahwa pertumbuhan tetap tenang setelah ekonomi tumbuh tahun lalu di laju paling lambat dalam lebih dari dua dekade. Pengukur manufaktur serupa untuk kawasan Eropa dan Inggris menunjuk ekspansi biasa-biasa saja, demikian juga dengan di A. Jajak pendapat menunjukkan peningkatan risiko bahwa U.K. akan memilih untuk meninggalkan Uni Eropa dalam referendum Juni juga membuat investor waspada.

PMI manufaktur resmi China untuk bulan Mei adalah 50,1, tepat di atas garis pemisah antara peningkatan dan penurunan, sementara pengukur Markit Economics untuk daerah euro merosot ke 51,5 dari 51,7. Indikator yang sebanding untuk Jepang adalah yang terendah dalam setidaknya tiga tahun dan Perdana Menteri Shinzo Abe memutuskan untuk menunda kenaikan pajak penjualan sampai tahun 2019. Investor juga menunggu pernyataan Bank Sentral Eropa yang akan mengumumkan keputusan suku bunga dan sikap Presiden Mario Draghi.

Saham

Stoxx 600 Index Eropa turun 0,9 persen pada 11:07 di London.
Saham-saham perusahaan yang berhubungan dengan pertambangan anjlok karena harga komoditas mundur. Elekta AB jatuh 7,5 persen setelah pembuat perangkat medis dari Swedia ini membukukan pendapatan dan keuntungan kuartal keempat yang mengecewakan dan meramalkan hasil yang masih melemah untuk paruh pertama tahun ini. Royal Ahold NV naik 3,1 persen setelah rantai toko kelontong Belanda yang bergabung dengan Delhaize Group melaporkan laba kuartal pertama yang melampaui prediksi analis.

Laporan Belanja Konsumen yang keluar hari Selasa menunjukkan belanja konsumen AS naik pada bulan April , terbaik dalam hampir tujuh tahun, sementara kepercayaan konsumen anjlok.

MSCI Emerging Markets Index sedikit berubah, seperti benchmark ekuitas Tiongkok di Hong Kong dan Shanghai, sedangkan alat pengukur di Filipina, Indonesia dan Taiwan naik setidaknya 0,7 persen.

Indeks Topix Jepang turun 1,3 persen bahkan sebagai Softbank Group Corp naik ke level tertinggi dalam lebih dari satu bulan di Tokyo setelah mengumumkan rencana untuk menjual setidaknya $ 7.9 miliar sahamnya di Alibaba Group Holding Ltd.

Mata Uang

Yen menguat 1 persen setelah Perdana Menteri Abe mengatakan kepada anggota parlemen ia akan “memobilisasi kebijakan fiskal untuk mencapai pertumbuhan yang kuat.”

Pound turun 0,2 persen menjadi $ 1,4455 setelah turun 1,1 persen pada Selasa, ketika ICM jajak pendapat yang dirilis oleh Guardian menunjukkan adanya kampanye untuk mendukung Inggris keluar dari Uni Eropa.

Sebuah alat ukur volatilitas satu bulan pound terhadap dolar naik menjadi 20 persen pada Rabu, tertinggi sejak 2009.

The Bloomberg Dollar Spot Index turun 0,3 persen, setelah lonjakan 3,7 persen di bulan Mei yang ditandai kenaikan bulanan terbesar sejak September 2014. Euro menguat 0,2 persen versus greenback sebelum pertemuan kebijakan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis.

Yuan terhapus penurunan sebanyak 0,2 persen yang membawanya dekat dengan titik terendah dalam lima tahun, sementara mata uang Selandia Baru naik 0,6 persen.

Rupee melemah sebanyak 0,3 persen, sesuai dengan harga dari bank lokal yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Rajan telah mengatakan kepada pemerintah ia tidak ingin melanjutkan masa jabatannya sebagai kepala bank sentral yang akan berakhir pada awal September nanti sementara Perdana Menteri Narendra Modi ingin dia tetap ada di
posisinya sekarang.

Komoditas

The Bloomberg Commodity Index tergelincir 0,7 persen, jatuh untuk hari kedua.
Minyak mentah West Texas Intermediate turun 1,5 persen menjadi $ 48,35 per barel, setelah naik untuk bulan keempat pada bulan Mei. Organisasi Negara-negara Pengekspor Minyak tidak mungkin untuk mencapai kesepakatan membatasi produksi pada pertemuan minggu ini di Wina. Surplus global yang telah menyebabkan harga merosot sejak 2014.

Tembaga turun 1,7 persen di London, sedangkan seng, timah dan timah turun setidaknya 0,9 persen.

Obligasi

Treasury notes 10 tahun naik untuk hari kedua, dengan yield yang jatuh satu basis poin menjadi 1,84 persen. obligasi Jerman juga mendorong lebih tinggi, sedangkan surat utang Italia dan Spanyol menurun.

Obligasi 20-tahun Jepang menurun, mendorong yield mereka naik satu basis poin menjadi 0,255 persen, setelah bank sentral turunkan pembelian tenor super-panjang dalam rencana pembelian surat utang untuk bulan ini. Catatan karena dalam 30 tahun dan 40 tahun juga menurun.

Yield obligasi Korea Selatan tiga tahun turun enam basis poin menjadi 1,445 persen, di bawah suku bunga acuan rekor rendah Korea 1,5 persen. Ekspor menyusut untuk bulan ke-17, data menunjukkan Rabu, memicu spekulasi bank sentral akan menurunkan suku bunga untuk pertama kalinya dalam setahun.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here