OPEC Kembali Gagal Sepakati Pembatasan Produksi

684

OPEC akan tetap berpegang teguh pada kebijakan produksinya setelah anggota menolak usulan untuk mengadopsi pembatasan produksi baru, tapi para menteri bersatu dalam optimisme mereka bahwa pasar minyak global membaik.

Suasana lebih harmonis terjadi ketika kelompok ini mampu menunjuk seorang sekretaris jenderal baru yaitu Mohammed Barkindo dari Nigeria, sesuatu yang tidak mampu disepakati sejak 2012.

“Suasana di pertemuan hari ini adalah tenang tanpa ketegangan apapun,” Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh, yang berbeda pendapat dengan rekannya Arab Saudi yang menyatakan pertemuan sebelumnya tidak tenang. Ada “kesatuan yang sangat baik” di antara anggota, katanya.

Hal yang pentig juga terjadi adalah 80 persen reli harga minyak sejak Januari membuat menteri-menteri OPEC yakin strategi lama dua tahun yang dicoba untuk memenangkan kelebihan pasokan dari biaya produsen yang lebih tinggi ternyata bekerja.

“Ada kemauan yang kuat untuk membangun kembali kredibilitas OPEC, memperkuat suara sementara juga membawa stabilitas yang lebih besar di pasar minyak,” kata Alexandre Andlauer, kepala minyak dan gas di perusahaan riset keuangan AlphaValue. “Ini adalah ambisi Saudi yang jelas.”

Namun hubungan antara dua anggota yang paling kuat dalam kelompok – Arab Saudi dan Iran – masih tegang dalam persaingan regional mereka, sementara pasokan global berada pada tingkat rekor dan penurunan di Kanada dan Nigeria yang telah membantu harga lebih tinggi mungkin hanya sementara.

Bahkan dengan minyak kembali di $ 50, harga kurang dari setengah tingkat sebelum Organisasi Negara Pengekspor Minyak memutuskan untuk memompa dengan kecepatan penuh.

Dalam briefing setelah pertemuan itu, Menteri Perminyakan Arab Saudi Khalid Al-Falih mengatakan ada alasan untuk tetap berhati-hati meskipun keseimbangan pasar membaik. “Kami prihatin tentang persediaan tinggi,” katanya. “Kita perlu melihat defisit stabil pada tingkat yang wajar.”

Sebelum pertemuan itu, Arab Saudi telah mengusulkan ide mengembalikan pagu produksi kelompok sebagai isyarat untuk menunjukkan itu tidak adanya rencana untuk membanjiri pasar dan serius untuk membuat pertemuan sukses.

Para Menteri memutuskan pembatasan tidak diperlukan pada tahap ini. OPEC membutuhkan lebih banyak waktu untuk pembatasan produksi baru, mantan Sekretaris Jenderal Abdalla El-Badri mengatakan setelah pertemuan itu, menambahkan bahwa sulit untuk menemukan target ketika produksi Iran meningkat dan volume Libya signifikan dihentikan.

Iran telah menolak pembatasan apapun pada produksi karena mengembalikan volume setelah penghapusan sanksi pada bulan Januari. Penolakan negara untuk berpartisipasi dalam pembekuan produksi diusulkan awal tahun ini diminta Arab Saudi untuk memblokir kesepakatan antara OPEC dan Rusia pada bulan April.

Setelah pertemuan bulan April di Qatar – penampilan akhir dari mantan Menteri Perminyakan Saudi Ali Al-Naimi setelah dua dekade di pos – Arab Saudi telah tampak siap untuk berjuang sendiri di pasar minyak global. Sebuah pandangan yang didukung oleh komentar yang dibuat oleh kuat Deputi Putra Mahkota Mohammed bin Salman, yang mengatakan kerajaan tidak lagi peduli tentang harga minyak.

Al-Falih mengambil kesempatan untuk mengklarifikasi komentar tersebut saat ini. Komentar sang pangeran mencerminkan bagaimana negara akan mengelola urusan internal, termasuk kapasitas untuk cuaca periode diperpanjang dari harga rendah, bukan pandangan yang lebih luas tentang kebijakan minyak, Al-Falih, Kamis.

“Arab Saudi menyadari bahwa harga adalah bagian penting dari formula pasar minyak : Ini menyeimbangkan pasokan dan permintaan,” kata Al-Falih di Wina sebelum pertemuan dimulai. “Kami menyadari bahwa waktu yang lama di bawah harga yang lebih rendah tidak membawa cukup pasokan untuk memenuhi kenaikan permintaan.”

Sederhananya, Arab Saudi ingin menjaga pengelolaan pasar minyak dunia dengan memastikan harga dapatkan tidak terlalu rendah atau terlalu tinggi dan OPEC memiliki bagian penting untuk berperan.

“OPEC kembali, lebih kuat,” kata Barkindo dalam wawancara pertamanya setelah memenangkan keduakalinya sebagai pejabat kelompok. “Kami akan bekerja untuk mendapatkan kembali kesatuan organisasi dan kepercayaan dari masyarakat internasional.”

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here