BOJ Siap Perluas Stimulus Moneter Mencapai Target Inflasi

849

Deputi Gubernur Bank of Japan Hiroshi Nakaso memperingatkan ketidakpastian ekonomi global dan tanda-tanda kelemahan dalam konsumsi swasta, menandakan kesiapan bank sentral untuk memperluas stimulus moneter jika diperlukan untuk mencapai target inflasi.

Nakaso juga membela kebijakan suku bunga negatif BOJ yang diadopsi pada bulan Februari, mengatakan bahwa hal itu akan memacu belanja modal dengan menekan biaya pinjaman perusahaan dan mengimbangi kerugian seperti menekan margin lembaga keuangan.

BOJ mengejutkan pasar pada bulan April dengan menjaga kebijakan stabil meskipun sekali lagi mendorong kembali waktu untuk mencapai target inflasi 2 persen, memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu untuk menilai dampak dari tingkat negatif pada ekonomi dan harga.

“Kami dianggap sesuai untuk meneliti efek kebijakan kami pada bulan April …. Tapi itu tidak mengesampingkan kemungkinan mengambil langkah pelonggaran tambahan jika diperlukan,” Nakaso mengatakan kepada para pemimpin bisnis di Akita, Jepang timur laut, Kamis (09/06).

Sementara memperkuat pandangan bahwa ekonomi Jepang akan terus pulih secara moderat, Nakaso mengatakan risiko miring ke arah penurunan pada ketidakpastian ekonomi global dan gejolak di pasar keuangan.

Nasako juga mengakui tanda-tanda kelemahan ekspektasi konsumsi dan inflasi swasta yang volatile sebagai menekan sentimen rumah tangga.

“Kelemahan dalam konsumsi swasta cenderung bersifat sementara saat kondisi pekerjaan dan pendapatan meningkat. Tapi kita perlu memperhatikan perkembangan,” kata Nakaso.

Ekonomi Jepang terhindar dari resesi di kuartal pertama tahun ini, tetapi analis memperkirakan pertumbuhan tetap lemah pada kuartal saat ini dengan lemahnya konsumsi dan ekspor.

Tekanan global dan gempa bumi yang melanda Jepang selatan pada bulan April juga telah menekan minat perusahaan untuk konsumsi, dengan pesanan mesin inti jatuh pada bulan April dengan sebagian besar dalam dua tahun.

Dewan Kebijakan BOJ beranggota sembilan orang ini kemungkinan untuk menimbang risiko tersebut dalam menentukan apakah untuk melonggarkan kebijakan moneter lebih lanjut di review pertemuan kebijakan minggu depan.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here