Rupiah Awal Pekan Naik Ke Puncak Tertinggi 1 Bulan

570

Mengakhiri perdagangan  pasar valas awal  pekan (20/6), kurs rupiah yang dibuka lebih tinggi  dari perdagangan sebelumnya semakin menunjukkan kekuatan mengalahkan dollar. Rupiah berhasil mencapai puncak kekuatan tertinggi dalam 1 bulan perdagangan lebih. Sepanjang hari pergerakan dollar masih menunjukkan pergerakan yang lemah secara fundamental dan juga teknikal.

Kuatnya rupiah sepanjang hari  perdagangan akhir pekan tidak membuat investor asing semangat setor  modalnya, sebaliknya justru menyedot bursa saham hingga terbentuk net sell sebesar Rp268 miliar lebih. IHSG yang bergerak mixed berhasil juga ditutup positif, IHSG bertahan di zona hijau dengan penguatan   o,6%.

Lihat: IHSG 20 Juni Berakhir Naik 0,6 Persen Terdukung Sentimen Positif

Pergerakan kurs rupiah  di pasar spot  sore  ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,65% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13252/US$ setelah  dibuka kuat  pada level Rp13278/US$.  Demikian juga dari sisi kurs jisdor dan kurs BI rupiah Rabu  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  menguat ke  13260  dari  posisi 13358 perdagangan hari Jumat (17/06),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat ke posisi 13326 setelah perdagangan sebelumnya 13425.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah perdagangan esok hari  diperkirakan  dibuka positif  oleh ekspektasi pelemahan dollar AS   hingga akhir perdagangan malam nanti.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here