Hasil Perhitungan Sementara Referendum : Brexit Unggul 51,6 %

673

Pendukung Brexit merebut kepemimpinan pada hari Jumat dalam penghitungan suara dari referendum sengit Inggris, mata uang sterling di jalur untuk terbesar yang pernah jatuh di pasar dunia.

Mata uang Inggris turun sebanyak sembilan persen ke 30 tahun rendah di bawah $ 1,35, menandai menyelam lebih tajam bahkan dari pada ‘Black Wednesday’ pada tahun 1992 ketika pemodal George Soros berperan penting dalam mendorong pound dari Mekanisme Nilai Tukar yang mendahului euro.

Dalam tanda perhatian internasional, diplomat Mata uang Jepang Masatsugu Asakawa mengatakan ia akan berkonsultasi dengan Menteri Keuangan Taro Aso tentang bagaimana merespon pergerakan pasar, menggambarkan mereka sebagai sangat kasar.

Peluang untuk kemungkinan dari ‘Brexit’, ditunjukkan dengan Betfair menempatkan probabilitas bahwa pada 94 persen penghitungan menunjukkan kubu Brexit melakukan lebih baik dari yang diperkirakan di sebagian besar wilayah negara itu.

Hasil seperti itu akan mengguncang Uni Eropa ke intinya, berpotensi memicu munculnya gerakan-gerakan anti-Uni Eropa di seluruh benua dan menandai awal dari proses perceraian dua tahun yang akan menciptakan ketidakpastian bagi perusahaan dan investor.

Dengan hasil diumumkan dari 282 dari 382 kabupaten suara ditambah bagian dari Irlandia Utara, kubu Brexit berada di depan dengan 51,6 persen terhadap 48,4 persen Bremain di referendum.

Cameron telah mendesak warga Inggris untuk memilih Remain, memperingatkan bahwa alternatif itu lompatan dalam gelap yang akan menyakiti perdagangan dan investasi, membawa resesi ditimbulkan sendiri, melemahkan pound dan mendorong tagihan belanja dan biaya liburan.

Para pendukung ‘Brexit’ menyatakan dengan keluar dari Uni Eropa akan memperkuat ekonomi dengan membebaskan bisnis dari birokrasi mencekik di Uni Eropa, dan memungkinkan negara untuk memulihkan kedaulatannya dan mendapatkan kembali kontrol imigrasi.

27 negara anggota Uni Eropa Inggris cemas mencermati suara, takut kepergian ekonomi terbesar kedua blok itu akan melemahkan persatuan dan pengaruh Eropa karena bergulat dengan krisis keuangan Yunani dan arus besar pengungsi.

Hasil penelitian menunjukkan mereka yang mendukung Leave dari Uni Eropa sangat melebihi harapan lembaga survei ‘. Mereka mencetak hampir 70 persen suara di Hartlepool di timur laut Inggris dan di Basildon, dekat London.

Itu diragukan apakah yang diharapkan orang pro-Uni Eropa di ibukota dan di Skotlandia bisa memperbaiki keseimbangan. Di distrik London dari Haringey, 76 persen memilih untuk tetap.


Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here