Bank of England Memperingatkan Konsekuensi Ekonomi Akibat Brexit

689

Hampir dua minggu setelah guncangan Breixt, Bank of England memperingatkan konsekuensi ekonomi yang telah muncul.

Poundsterling Inggris menukik ke level terendah 31-tahun terhadap dolar AS, tiga dana properti komersial senilai sekitar 10 miliar pound ($ 17.4 miliar) menempatkan pembekuan pada investor untuk menarik keluar uang mereka.

Dana biasanya menyediakan tumpukan uang tunai atau aset serupa untuk pencairan – menarik keluar uang – dan dalam skenario terburuk mereka bisa berubah menjadi memaksa penjual properti di pasar jatuh karena lebih banyak investor mencari untuk tebusan.

Menangguhkan perdagangan adalah ukuran yang dirancang untuk mencegah hal itu terjadi.

Sementara belum ada masalah likuiditas, situasi menunjukkan kerapuhan, dengan investor khawatir tentang keamanan uang mereka akibat keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa.

“Ada bukti bahwa beberapa risiko telah mulai mengkristal. Prospek saat ini untuk stabilitas keuangan Inggris adalah menantang,” kata Gubernur Bank Inggris Mark Carney.

Mr Carney ditandai prospek “perlambatan dasar” dari ekonomi Inggris, dengan jumlah rumah tangga terkena penurunan berpotensi meningkat.

Sebagai tanggapan, Bank of England memompa 150 miliar pound ke dalam sistem keuangan untuk pinjaman dengan pemotongan persyaratan modal untuk kas bank – bank yang harus tetap di cadangan untuk menghadapi masa-masa sulit.

Sementara pasar saham telah sebagian besar pulih dari kerugian Brexit awal mereka, dan Mr Carney telah berjanji untuk “melakukan apa yang diperlukan”, sinyal nada hati-hati nya menghadapi Brexit di bulan-bulan mendatang.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here