Ringgit Anjlok 0,5 Persen, Penurunan Mingguan Terburuk Dalam 10 Bulan

437

Ringgit Malaysia menuju penurunan mingguan terbesar dalam 10 bulan karena harga minyak mentah turun lebih rendah dan dampak dari kontroversi yang melibatkan sebuah perusahaan investasi negara yang melemahkan permintaan untuk aset milik pemerintah Malaysia.

Mata uang Malaysia ini turun setelah mentah Brent turun 2,8 persen dalam lima hari yang memperburuk prospek pendapatan negara-negara pengekspor minyak. Pihak berwenang di Singapura dan AS bergerak untuk menyita aset terkait dengan penipuan yang diduga melibatkan 1Malaysia Development Bhd., babak terakhir dari masalah serius yang memberikan kontribusi terbesar dari penurunan tahunan terbesar ringgit sejak 1997 tahun lalu.

Ringgit jatuh 0,5 persen Jumat, dan 2,8 persen minggu ini, untuk 4,0608 per dolar pada 10:34 di Kuala Lumpur, sesuai dengan harga dari bank lokal yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Penurunan selama 5 hari yang terbesar sejak periode yang berakhir 25 September 2015.

Lebih dari $ 3,5 miliar disalahgunakan dari 1MDB, dan sekitar $ 1 miliar dicuci melalui sistem perbankan Amerika, Departemen Kehakiman AS mengatakan dalam pengajuan kasus ini hari Rabu lalu. Otoritas Moneter Singapura mengatakan pihaknya menyita S $ 240 juta pada aset dari individu terkait dengan dugaan kecurangan di 1MDB. Pemerintah Malaysia mengatakan akan bekerja sama dengan penyelidikan yang sah dari perusahaan lokal atau warga negaranya.

Futures menunjukkan peluang 45 persen dari Federal Reserve meningkatkan suku bunga pada bulan Desember, dibandingkan dengan 9 persen pada akhir Juni, setelah data penjualan ritel, perumahan dan lapangan kerja di AS mengalahkan perkiraan ekonom.

Obligasi pemerintah naik hari Jumat ini, mendorong yield pada catatan 10-tahun turun 13 basis poin menjadi 3,55 persen, sesuai dengan harga dari Bursa Malaysia. Hasil itu mengakhiri penurunan dua basis poin dari seminggu yang lalu.

Selasti/ VMN/VBN/ Senior Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here