Bursa Eropa Bergerak Mixed Mencermati Data Manufaktur dan Jasa

577

Bursa Saham Eropa berfluktuasi pada hari Jumat karena investor mencerna membunuh laba, di atas pembacaan awal terbaru dari aktivitas manufaktur dan jasa di zona euro dan Inggris

Indeks STOXX 600 pan-Eropa datang dari posisi terendah sesi, untuk perdagangan turun 0,2 persen. Sektor kebanyakan di wilayah negatif, dengan pengecualian telekomunikasi, yang naik sekitar 1,5 persen.

Indeks FTSE berada di posisi 6.725,23, naik 25,34 poin atau 0,38%

Indeks DAX berada di posisi 10.141,95, turun -14,26 poin atau -0,14%

Indeks CAC berada di posisi 4.376,85, naik 0.60 poin atau 0.01%

Indeks IBEX 35 berada di posisi 8.576,50, turun -7,10 atau -0,08%

Indeks STOXX 600 berfluktuasi pada perdagangan pagi Eropa, setelah sebuah survei swasta menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di zona euro tidak jatuh sebanyak seperti yang diharapkan pada bulan Juli. Indeks PMI untuk sektor manufaktur dan jasa di zona euro naik menjadi 52,9 pada bulan Juli, di atas ekspektasi untuk pembacaan 52,5 menurut analis yang disurvei oleh Reuters.

Sementara itu, angka PMI untuk Inggris, yang disusun oleh Markit juga keluar, dengan PMI layanan flash jatuh ke 47,4 dari bulan Juni 52,3, terendah sejak Maret 2009. Sementara itu manufaktur PMI flash turun ke 49,1 vs bulan Juni 52,1. Pada bagian belakang data Inggris, sterling melemah terhadap dolar, diperdagangkan turun 0,9 persen pada $ 1,3111 sekitar 1:00 waktu London.

Hasil ini membuat analis menyarankan bahwa ini bisa mendorong Bank of England untuk berbuat lebih banyak untuk merangsang pertumbuhan di negara, pada pertemuan yang akan datang pada bulan Agustus.

Pasar juga telah bereaksi terhadap keputusan Bank Sentral Eropa pada hari Kamis, ketika bank sentral memilih untuk mempertahankan tingkat refinancing acuan pada 0 persen. Bank secara luas diperkirakan untuk mempertahankan kebijakan suku bunga tetap dan pasar sekarang mengantisipasi stimulus kebijakan moneter lebih lanjut.

Di pasar minyak, harga merosot di atas dan di bawah garis datar pada perdagangan karena investor menilai kembali data yang AS pada persediaan minyak dan kekhawatiran dari kekenyangan terus mendominasi sentimen. Brent diperdagangkan sekitar $ 46,20 dalam perdagangan sore hari, sementara AS WTI melayang antara $ 44,50 dan $ 45.

Dalam berita lain, laba terus mendominasi sentimen pada hari Jumat dengan beberapa korporasi melaporkan. Raksasa telekomunikasi Vodafone melonjak ke puncak benchmark Eropa, naik lebih dari 4 persen setelah melaporkan kenaikan 2,2 persen lebih baik dari perkiraan pendapatan layanan organik kuartal pertama. Berita mengangkat seluruh host saham telekomunikasi, termasuk KPN, Orange dan Telecom Italia.

Raksasa Agrichemical Syngenta juga berdetak lebih tinggi, naik 1 persen, setelah perusahaan Swiss melaporkan babak pertama penjualan dan laba yang meleset dari harapan.

Di tempat lain, produsen terbesar di dunia dari bola lampu, Philips Lighting, mencatat kenaikan 16 persen pada laba kuartal kedua inti mendorong harga saham untuk menembak di atas 5 persen pada Jumat.

Sementara itu, perusahaan konstruksi Skanska tenggelam lebih dari 3 persen, setelah laba kuartal kedua datang di bawah ekspektasi. Saham properti U.K. juga duduk di dekat bagian bawah STOXX 600, dengan Berkeley Group, Bovis Rumah dan Bellway semua melemah tajam.

Sektor perbankan terseret lebih rendah, setelah pemberi pinjaman Spanyol Banco de Sabadell memperingatkan itu laba setahun penuh akan sedikit di bawah 800 juta euro dibandingkan dengan target 1 miliar euro pada rencana strategis dua tahun, Reuters melaporkan. Ini semester pertama laba bersih juga datang di bawah perkiraan Reuters. Saham tenggelam 7 persen.

Dalam ruang ritel, U.K. merek Marks & Spencer tergelincir lebih dari 2,5 persen, setelah Barclays menurunkan rating pada saham untuk “underweight” dari “equal weight”; dan menurunkan target harga. Swatch Group turun 2,7 persen, setelah UBS, Bernstein, Natixis dan Helvea Baader Bank memangkas target harga mereka pada merek mewah.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati pergerakan harga minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/ VMN/VBN/ Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here