Bursa Eropa Berakhir Mixed Terpengaruh Pelemahan Wall Street dan Minyak Mentah

585

Pasar Saham Eropa berakhir mixed pada akhir perdagangan hari Senin terpengaruh pelemahan Wall Street dan merosotnya harga minyak mentah.

Indeks Jerman DAX mengurangi keuntungan untuk menutup sekitar 0,4 persen lebih tinggi. Indeks menerima dorongan awal setelah indeks iklim bisnis Ifo Jerman turun sedikit ke 108,3 pada bulan Juli, tapi datang di atas perkiraan.

Indeks FTSE berakhir di posisi 6.710,13, turun -20,35 poin atau -0,30%

Indeks DAX berakhir di posisi 10.198,24, naik 50,78 poin atau 0,50%

Indeks CAC berakhir di posisi 4.388,00, naik 6.90 poin atau 0,16%

Indeks IBEX 35 berakhir di posisi 8.575,70, turun -24,20 poin atau -0,28%

Harga minyak mentah berjangka Brent untuk September turun terus di bawah $ 45 per barel, sementara AS WTI turun di bawah $ 43,30. Ini adalah di tengah kekhawatiran terus-menerus dari kekenyangan global dalam pasokan.

Berkinerja buruk saham pada hari Senin termasuk Tullow Oil, yang ditutup lebih dari 5 persen lebih rendah dan Randgold Resources, yang berakhir lebih dari 3 persen lebih rendah. Yang terakhir ini terdaftar di FTSE 100.

Bursa Saham AS diperdagangkan lebih rendah pada hari Senin setelah empat minggu berturut-turut dari keuntungan.

Di tempat lain, pembuat peralatan jaringan Ericsson mengumumkan pada Senin bahwa Chief Executive Hans Vestberg telah mengundurkan diri dan pencarian penggantinya telah dimulai. Investor bereaksi positif terhadap berita dengan saham naik lebih dari 5 persen pada satu titik, sebelum berakhir sekitar 1,5 persen lebih tinggi.

Saham Ryanair ditutup hampir 6 persen lebih tinggi setelah maskapai murah mengatakan laba kuartal kedua bersih naik 4 persen. Ryanair mengatakan Brexit akan menyebabkan tekanan ke bawah pada tarif hingga akhir 2017 di awal, tapi carrier terjebak dengan target laba untuk tahun ini.

Ini kontras dengan pandangan yang lebih negatif dari saingannya. Sektor wisata telah berada di bawah tekanan baru-baru ini, di tengah insiden teroris di Eropa dan dampak lanjutan dari Brexit. Pekan lalu, easyJet mengatakan tidak bisa memberikan proyeksi keuntungan karena alasan itu.

Saham Air France-KLM ditutup sekitar 2,3 persen lebih rendah setelah serikat mengatakan mereka akan mempertahankan panggilan mereka untuk pemogokan minggu ini.

Bank swasta Swiss Julius Baer mengatakan aset kelolaan naik 4 persen pada semester pertama tahun ini, mengirimkan saham ke atas indeks SMI.

Philips ditutup 2,1 persen lebih tinggi setelah perusahaan perawatan kesehatan Belanda melaporkan laba disesuaikan sebelum bunga, pajak dan amortisasi dari 544 juta euro ($ 597.000.000) pada kuartal kedua tahun 2016, naik dari 501 juta euro pada periode yang sama tahun lalu.

Bank-bank di Eropa, dan Italia khususnya, tetap fokus bagi investor. Menteri Keuangan Italia, Pier Carlo Padoan, mengatakan kepada CNBC selama akhir pekan bahwa bank Italia “tidak perlu penyelamatan,”

Saham Banca Monte dei Paschi di Siena (BMPS) anjlok lebih dari 8 persen setelah sebuah laporan di Il Sole 24 Ore mengatakan bank sedang bersiap-siap untuk menaikkan antara 3 hingga 4 milyar euro, tapi mungkin harus mencari lebih lanjut 2 miliar euro untuk memuaskan ECB. Il Sole 24 Ore mengatakan sisa bank Italia akan lulus tes stres ECB.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati laporan laba emiten, pergerakan minyak mentah dan bursa Wall Street.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here