The Fed AS Pertahankan Suku Bunga Tetap, Akankah Naik Tahun ini?

1083

Federal Reserve AS mempertahankan suku bunga tidak berubah pada Rabu tetapi mengatakan risiko jangka pendek terhadap prospek ekonomi AS telah berkurang, membuka pintu untuk kembalinya kebijakan pengetatan moneter tahun ini.

Bank sentral AS mengatakan ekonomi telah berkembang pada tingkat yang moderat dan keuntungan pekerjaan yang kuat pada bulan Juni. Ia menambahkan bahwa pengeluaran rumah tangga juga telah “tumbuh dengan kuat,” dan menunjuk ke peningkatan penggunaan tenaga kerja.

Sementara pembuat kebijakan Fed mengatakan mereka terus memonitor data inflasi dan perkembangan ekonomi dan keuangan global, mereka tidak terlalu khawatir tentang kemungkinan guncangan yang bisa menekan ekonomi.

“Risiko jangka dekat dengan prospek ekonomi telah berkurang,” kata komite kebijakan pengaturan Fed dalam pernyataannya setelah pertemuan dua hari di mana ia meninggalkan suku bunga acuan overnight di kisaran 0,25 persen hingga 0,50 persen.

The Fed mencatat, bagaimanapun, bahwa ekspektasi inflasi berada pada keseimbangan sedikit berubah dalam beberapa bulan terakhir, dan tidak memberikan indikasi yang kuat tentang apakah akan menaikkan suku pada pertemuan kebijakan berikutnya pada bulan September.

Pembuat kebijakan The Fed telah mendesak untuk hati-hati dalam menaikkan suku sampai ada kemajuan nyata dalam menggerakkan inflasi menuju sasaran 2 persen.

Tingkat inflasi yang diermati Fed saat ini berdiri di 1,6 persen dan telah di bawah target selama lebih dari empat tahun.

Dana federal berjangka menyiratkan pedagang masih melihat sekitar bahkan kemungkinan kenaikan suku bunga pada pertemuan Desember Fed dan sekitar kesempatan 20 persen dari langkah tersebut pada bulan September, sedikit lebih rendah dari sebelum keputusan, menurut CME FedWatch Group.

Panitia kebijakan juga akan bertemu pada awal November, tetapi kenaikan suku bunga pada saat itu umumnya dipandang sebagai tidak mungkin karena akan terjadi seminggu sebelum pemilihan presiden AS.

Sebuah jajak pendapat Reuters ekonom menyarankan Fed kemungkinan besar menunggu sampai Desember untuk menaikkan suku.

Presiden Fed Kansas City Esther George adalah satu-satunya pembuat kebijakan untuk berbeda pendapat pada pertemuan minggu ini. Dia telah menginginkan peningkatan suku bunga di tiga dari empat pertemuan terakhir.

The Fed telah menaikkan suku bunga sejak Desember, ketika menaikkan untuk pertama kalinya dalam hampir satu dekade dan mengisyaratkan empat tingkat kenaikan berada di tahun 2016.

Namun diturunkan ke dua kenaikan tahun ini setelah pembuat kebijakan bank sentral mengeluarkan proyeksi baru di mana mereka juga menurunkan perkiraan pertumbuhan jangka panjang mereka bagi perekonomian AS.

Sebuah perlambatan ekonomi global, volatilitas pasar keuangan dan ketidakpastian atas dampak Inggris meninggalkan Uni Eropa pada Juni telah berulang kali memaksa Fed untuk menunda kenaikan lain.

Perekonomian AS, bagaimanapun, telah mengalami sedikit dampak awal dari apa yang disebut orang ‘Brexit’. Serangkaian data ekonomi yang lebih baik dari perkiraan baru-baru ini serta pelonggaran dalam kondisi keuangan juga telah menenangkan pasar.

Pejabat Fed sekarang akan mengalihkan perhatian mereka ke perkiraan awal pertama Jumat ini untuk produk domestik bruto AS untuk kuartal kedua, yang diperkirakan menunjukkan rebound yang sehat dari kuartal sebelumnya.

Ekonomi kemungkinan tumbuh pada tingkat tahunan 2,3 persen pada kuartal kedua, menurut perkiraan terbaru Federal Reserve Atlanta.

Llaporan kerja bulanan AS yang dipantau cermat akan dikeluarkan pada 5 Agustus, diikuti tiga minggu kemudian oleh pidato dari Ketua Fed Janet Yellen pada konferensi bank sentral tahunan di Jackson Hole, Wyoming.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here