Inflasi Zona Eropa Bulan Juli Melemah

458

Pembacaan akhir Inflasi Zona Eropa bulan Juli mencatat penurunan bulanan 0,6%, yang sedikit lebih besar dari penurunan 0,5% yang diperkirakan, meskipun tingkat tahunan dikonfirmasi naik di 0,2% dari 0,1% sebelumnya, tidak berubah dari tingkat pada bulan Juli 2015.

Meskipun sesuai perkiraan, ECB akan tetap gelisah atas tren inflasi yang mendasarinya.

euro-area-inflation-rate-mom

Harga energi turun 1,0% pada bulanan dengan penurunan tahunan 6,7%. Harga inti turun 0,7% selama bulanan dengan tingkat tahunan tidak berubah pada 0,9%, yang turun sedikit dari tingkat 1,0% bulan Juli 2015.

euro-area-inflation-cpi (5)

Laju inflasi di sektor jasa meningkat menjadi 1,2% dari 1,1% sebelumnya, sementara harga barang industri naik 0,4% sepanjang tahun. Ada tekanan ke atas secara bulanan pada harga dari restoran dan makanan segar.

Inflasi di Spanyol dan Italia terus menurun sepanjang tahun dengan inflasi di Belanda jatuh 0,6% selama tahun ini dari 0,2% sebelumnya, tetapi tingkat inflasi Belgia meningkat menjadi 2,0% dari 1,8%.

Dengan inflasi inti sedikit lebih rendah dari tahun sebelumnya, akan ada kekhawatiran lebih lanjut bahwa inflasi yang masih rendah akan menyeret inflasi mendatang yang lebih rendah dan membuatnya lebih sulit bagi bank sentral untuk menaikkan inflasi.

 

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here