Pertumbuhan Manufaktur Zona Eropa Agustus Turun Terendah 3 Bulan

475

Pembacaan akhir dari indeks manufaktur Agustus Markit PMI Zona Eropa direvisi turun sedikit ke level terendah tiga bulan dari 51,7 dari pembacaan flash 51,8 dengan ekspektasi pasar bahwa tingkat akan terus di 51,8 dari 52,0 pada bulan Juli. Meskipun dampak langsung terbatas, akan ada kekhawatiran lebih lanjut seputar kelemahan persisten di Perancis dan Italia.

Pertumbuhan secara keseluruhan dalam produksi melambat ke level terendah tiga bulan, sedangkan komponen pesanan berada di level terlemah selama 18 bulan. Namun ada peningkatan yang dilaporkan dalam rangka backlog di laju tercepat selama lebih dari dua tahun, yang seharusnya membantu mendukung tingkat produksi selama beberapa bulan ke depan.

Peningkatan lapangan kerja juga di laju paling lambat sejak Maret. Meskipun harga input naik untuk bulan kedua berturut-turut, ada penurunan lebih lanjut harga output, yang telah jatuh selama 12 bulan terakhir dan akan memicu tekanan lebih lanjut pada margin.

Ada perbedaan lebih lanjut antara masing-masing negara dengan pemulihan bulanan yang signifikan untuk Belanda, sementara pertumbuhan Jerman tetap yang terkuat. Tidak ada perbaikan di Spanyol, sementara ada kerusakan lebih lanjut di Perancis untuk 48,3 dari flash 48,5. Sektor manufaktur Italia pindah ke kontraksi di 49,8 dari 51,2 sebelumnya dan ini adalah angka terendah selama 20 bulan.

Kinerja Italia dan Perancis akan meningkatkan kekhawatiran yang mendasari kelemahan yang berkelanjutan dan kerentanan dalam ekonomi kedua negara ini.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here