Rupiah Senin Siang Berhasil Menambah Kekuatannya

686

Hingga perdagangan pasar valas akhir sesi Asia (5/9), kurs rupiah masih bergerak positif terhadap dollar AS bahkan semakin kuat dari awal perdagangan. Kekuatan rupiah selain mendapat sentimen dari pelemahan dollar AS pasca buruknya data NFP juga intervensi BI menguatkan kurs referensinya.

Pergerakan rupiah yang terus menguat membuat investor asing terus menambah setoran  modalnya ke bursa saham  hingga mencetak net buy  Rp229 miliar lebih.  Aksi beli saham asing ini memberikan tenaga tambahan bagi laju IHSG yang semakin  menguat  0,7%.

Lihat: IHSG 2 September Sesi 1 Naik Terdorong Penguatan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot pagi ini bergerak positif dengan posisi penguatan 0,43% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp13190/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp13223/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia  hari ini  kembali diperkuat.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini diperkuat   ke  13197  dari  posisi 13261 perdagangan hari Jumat (2/9),  sedangkan kurs transaksi antar bank menguat  ke posisi 13263  setelah perdagangan sebelumnya 13327.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat pada akhir perdagangan  oleh momentum pelemahan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13235 dan  resistance di 13168.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here