Kurs Yen Sesi Eropa 5 September Rally Kuat Oleh Sikap Kuroda

595

Setelah Gubernur Bank of Japan Haruhiko Kuroda menyatakan pernyataan yang mengecewakan pasar akan sinyal kuat pelonggaran kebijakan lanjutan bank sentral Jepang  beberapa jam lalu, kurs yen masih bergerak rally mengalahkan dollar AS. Akhir pekan lalu yen melemah terhadap dollar AS pasca rilis data NFP AS karena lemahnya fundamental yen.

Kuroda dalam suatu event yang diadakan Kyodo News menyatakan kesiapan pihaknya untuk menambah pemberian stimulus pada ekonomi Jepang, namun tanpa memberikan sinyal yang kuat. Pasar yang harapkan pelonggaran kebijakan moneter lanjutan pada pada pertemuan mereka pekan depan dikecewakan dengan siap Kuroda ini.

Kurs yen Jepang hingga perdagangan sesi Eropa hari Senin (5/9) berhasil rally setelah diawal sesi Asia rebound dari pelemahan akhir pekan lalu. Penguatan yen diawal sesi menimbang suramnya ekspektasi kenaikan Fed rate setelah data NFP mengecewakan.

Pergerakan kurs yen  di   sesi Eropa (10:30:35 GMT) menguat  terhadap dollar AS,  USDJPY yang dibuka lebih tinggi  pada 104.11di   awal   perdagangan   (00.00 GMT) turun 71 pips  dan nilai pair bergulir  pada 103,30.

Untuk pergerakan pair hingga akhir perdagangan  sesi malam   berpotensi lemah, sehingga  analyst Vibiz Research Center memperkirakan pair USDJPY selanjutnya dapat turun  ke kisaran  103,05-102,20. Namun jika tidak sampai kisaran tersebut, maka pair dapat naik  kembali ke kisaran 104,50.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor: Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here