Awal Bursa Eropa 15 September Bergerak Sideways

423

Bursa Eropa bergerak sideways di awal perdagangan hari Kamis (15/090 karena pasar global waspada mencermati tindakan bank sentral global.

Indeks FTSE berada pada 6.667,67, turun -5,64 poin atau -0,08%

Indeks DAX berada pada 10.372,68, turun -5,72 poin atau -0,06%

Indeks CAC berada pada 4.361,63, turun -8,63 poin ataua -0,20%

Indeks IBEX berada pada 8.712,10, naik 9,70 poin atau 0,11%

Indeks Pan-Eropa STOXX 600 naik 0,25 persen.

Penjualan mobil baru di Uni Eropa naik 10 persen pada Agustus, menurut data dari Asosiasi Produsen Mobil Eropa.

Penjualan Volkswagen Group Eropa naik 6,3 persen pada Agustus, Renault tumbuh 14,6 persen, sementara Fiat juga catatkan peningkatan penjualan.

Saham otomotif bereaksi mixed, dengan Fiat Chrysler dan Renault di wilayah positif, tapi Daimler diperdagangkan lebih rendah. Volkswagen melayang-layang di sekitar garis datar.

Saham ritel juga dalam fokus bagi investor. rantai supermarket Inggris Morrison melaporkan kenaikan laba semester pertama dan peningkatan dividen interim, mengirimkan saham yang lebih tinggi.

Saham Next berada di wilayah negatif setelah melaporkan laba sebelum pajak turun 1,5 persen pada semester pertama tahun ini.

Saham H & M turun setelah melaporkan kenaikan 7 persen dalam penjualan Agustus, tapi meleset dari perkiraan analis.

Apple iPhone 7 mulai dijual umum pada hari Jumat dan perusahaan melaporkan jumlah awal layar yang lebih besar iPhone 7 Plus telah terjual habis. Biasa iPhone 7 telah terjual habis.

Permintaan yang kuat dilansir Apple membantu sahamnya naik pada Rabu, dan ini tumpah ke pemasok Eropa.

Dialog Semiconductor diperdagangkan lebih tinggi. STMicro dan Austria Microsystems dibalik keuntungan sebelumnya.

Dalam berita bisnis lainnya, Bank Italia bermasalah Monte dei Paschi di Siena (BMPS) telah memperoleh kepala eksekutif baru tapi telah kehilangan ketuanya. Marco Morelli sebagai CEO pada Rabu tetapi Massimo Toni mengundurkan diri dalam sengketa panggilan kas bank. Saham pemberi pinjaman yang lebih tinggi.

Di tempat lain, pasar di Asia dibuka lebih rendah pada hari Kamis, menyusul finish campuran di AS karena harga minyak turun lebih lanjut dan ketidakpastian berlama-lama selama pertemuan kebijakan bank sentral utama minggu depan.

Federal Reserve AS bertemu pada tanggal 20 September, meskipun kemungkinan kenaikan suku bunga tetap; ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga Fed pekan depan adalah 15 persen, menurut alat FedWatch CME Group.

Penjualan ritel untuk bulan Agustus, produksi industri, harga produsen dan data persediaan bisnis AS yang dirilis pada hari Kamis akan menjadi indikator besar terakhir pada ekonomi AS menjelang pertemuan Fed.

Bank of England adalah pertemuan pada hari Kamis tapi tidak ada perubahan suku bunga yang diperkirakan dari bank.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati rilis data inflasi, yang jika melemah akan menekan bursa Eropa. Juga akan mencermati pergerakan bursa Wall Street dan harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here