BOJ Pertahankan Suku Bunga, Fokuskan Target Kurva Imbal Hasil

832

Bank sentral Jepang mempertahankan suku bunga stabil pada pertemuan Rabu (21/09), tetapi mengeluarkan sejumlah besar perubahan segar untuk pendekatan kebijakan, menandai upaya terbaru untuk meningkatkan harga dan pertumbuhan ekonomi.

Bank of Japan menambahkan target suku bunga jangka panjang program pembelian aset besar-besaran, merombak kerangka kebijakan dan komitmen untuk mencapai target inflasi 2 persen secepat mungkin.

Di antara perubahan, Bank of Japan (BOJ) mengatakan akan membuat pengawasan kurva imbal hasil sebagai inti dari kerangka kebijakan baru. Juga mengatakan akan membeli JGB 10-tahun sehingga yield akan berkisar sekitar nol persen.

Perubahan mengindikasikan janji bank sentral berjanji efektivitas kebijakan yang komprehensif itu berbuah, dan banyak dari kebijakan baru muncul untuk mengatasi masalah kritik ‘tentang dampak negatif dari langkah-langkah pelonggaran yang agresif BOJ.

BOJ mempertahankan suku bunga deposito tidak berubah pada negatif 0,1 persen.

Di bawah kerangka kerja baru yang menambahkan kontrol kurva yield untuk pelonggaran kuantitatif dan kualitatif saat ini (QQE), BOJ akan memperdalam tarif negatif, menurunkan target suku bunga jangka panjang, atau memperluas base money jika itu diperlukan untuk pelonggaran lagi, bank sentral mengatakan dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan keputusan kebijakan.

“BOJ akan berusaha untuk menurunkan suku bunga riil dengan mengendalikan suku bunga jangka pendek dan jangka panjang, yang akan ditempatkan sebagai inti dari kerangka kebijakan baru,” katanya.

Di bawah QQE, BOJ mengatakan akan terus membeli obligasi pemerintah jangka panjang sehingga menjamin kepemilikannya meningkat sebesar 80 triliun yen ($ 781 miliar) per tahun.

Doni/VMN/ VBN/ Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here