Pertumbuhan Manufaktur AS September Melambat

773

Menurut data awal produksi manufaktur AS bulan September melambat dari bulan Agustus, namun tetap di wilayah pertumbuhan. Indeks Markit Manufacturing PMI turun ke 51,4 dari 52 bulan sebelumnya. Pembacaan ini lebih buruk dari konsensus analis perkiraan 51,9, menurut jajak pendapat Thomson Reuters.

Produsen mengalami kenaikan paling lambat dalam bisnis baru sejauh tahun ini, menurut Markit. Tingkat yang lebih lemah dari produksi dan pertumbuhan bisnis lebih lembut disebut-sebut sebagai faktor kontribusi terbesar untuk perlambatan PMI. Pertumbuhan terbaru dalam produksi manufaktur adalah yang terlemah selama tiga bulan.

united-states-manufacturing-pmi (3)

Peserta dalam survei menunjukkan bahwa keseluruhan lembut ekonomi “bertindak sebagai rem” pada volume pesanan baru. Dolar AS yang lebih kuat dikatakan membebani penjualan ekspor juga. Kerja baru di sektor ini naik pada laju paling lambat sejak Desember 2015.

Di sisi positif, penciptaan lapangan kerja baru rebound setelah mencapai 4-bulan rendah pada bulan Agustus. Aktivitas pembelian memperoleh traksi lebih lanjut pada bulan September, membuat bulan kelima berturut-turut pertumbuhan berkelanjutan.

Inflasi biaya input terus ditundukkan melihat produksi seluruh sektor manufaktur. Selama enam bulan terakhir, harga input meningkat setiap bulan, namun, tingkat kenaikan adalah yang terlemah selama peregangan itu. Inflasi biaya rendah dan persaingan yang kuat untuk kerja baru menyebabkan produsen untuk mengurangi biaya produksi.

Senior Ekonom Markit, Tim Moore mengatakan, “titik data survei September untuk kemajuan yang berkelanjutan di bidang produksi manufaktur, meskipun pertumbuhan tetap tenang keseluruhan dan hanya sedikit lebih cepat daripada yang terlihat melalui paruh pertama 2016. Namun, produsen melaporkan pekerjaan lebih kencang dari satu bulan sebelumnya dan inflasi harga input menyikut ke atas, yang berarti bahwa lebih lemah angka PMI tidak mungkin untuk diredam dengan ekspektasi bahwa Fed akan mengetatkan kebijakan pada akhir tahun ini. ”


Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here