Rupiah Selasa Siang Masih Hebat Meski Modal Asing Menyusut

464

Pergerakan nilai tukar rupiah hingga akhir perdagangan pasar spot sesi Asia hari Selasa (27/9) masih bergerak kuat dengan sedikit penurunan. Siang ini terpantau masih menguat meskipun dollar AS masih kuat terhadap beberapa  rival utamanya. Untuk perdagangan antar bank, rupiah berada di posisi yang lebih tinggi setelah BI kembali perkuat kurs referensinya.

Kekuatan rupiah hingga sesi siang  tidak membuat aksi jual saham investor asing berkurang  sehingga net sell bertambah menjadi Rp452 miliar. Namun aksi jual investor  asing ini  tidak dapat menahan IHSG yang sedang melaju  0,4%.

Lihat: IHSG 27 September Sesi 1 Turun Mengabaikan Lonjakan Rupiah

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini positif dengan posisi penguatan 1% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp12911/US$ setelah  dibuka kuat pada level Rp13030/US$.  Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperkuat dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  ditetapkan di posisi lebih tinggi  di 13027 dari perdagangan sebelumnya di 13076, demikian kurs transaksi antar bank diperkuat ke 13092  perdagangan sebelumnya 13141.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi kuat terus  pada akhir perdagangan  oleh momentum pelemahan dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13042 dan  resistance di 12903.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here