Rupiah Selasa Siang Masih Koreksi Meski BI Kuatkan Kurs Referensi

652

Pergerakan nilai tukar rupiah yang konsolidasi hingga akhir perdagangan pasar spot sesi Asia hari Selasa (4/10) masih berlanjut dengan posisi   dollar AS masih mendominasi perdagangan forex siang ini. Tarik menarik sentimen kekuatan dollar AS serta sentimen tax amnesty membuat rupiah bergerak sangat terbatas.

Lemahnya pergerakan  rupiah hingga siang ini  membuat modal asing yang parkir di bursa Indonesia di tarik kembali melebihi aksi beli saham unggulan dengan   net sell asing  mencapai Rp300 miliar lebih.  Tarikan modal asing tersebut tidak sampai menekan IHSG yang sedang bergerak positif.

Lihat: IHSG 4 Oktober Sesi 1 Datar, Investor Asing Berupaya Profit Taking

Pergerakan kurs rupiah di pasar spot siang ini bergerak negatif dengan posisi pelemahan 0,10% dari perdagangan sebelumnya dan kini bergerak pada kisaran Rp12996/US$ setelah  dibuka lemah pada level Rp12987/US$. Untuk  kurs Jisdor dan kurs transaksi antar bank yang ditetapkan Bank Indonesia hari ini  diperkuat  dari perdagangan sebelumnya.

Kurs jisdor yang ditetapkan Bank Indonesia  lebih kuat di 12988 dari perdagangan sebelumnya  di 13010., demikian kurs transaksi antar bank juga dilemahkan ke 13053  perdagangan sebelumnya 13075.

Dan untuk pergerakan kurs Rupiah di pasar spot hari ini  berpotensi lemah  pada akhir perdagangan  oleh penguatan  dollar AS, sehingga Analyst Vibiz Research Center memperkirakan rupiah bergerak di level support di 13000 dan  resistance di 12977.

Joel/VMN/VBN/Analyst-Vibiz Research Center
Editor : Jul Allens

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here