Bursa Eropa Berakhir Lemah Menantikan Data Pekerjaan AS

628

Bursa Saham Eropa berakhir di bawah tekanan pada hari Kamis, karena investor berhati-hati menjelang laporan pekerjaan AS pada hari Jumat.

Meskipun dibuka positif, indeks pan-Eropa STOXX 600 mengakhiri perdagangan di zona merah, turun 0,4 persen sementara. Sebagian besar sektor ditutup di teritori negatif.

Dari bursa utama Eropa, baik bursa Perancis CAC dan DAX Jerman selesai dalam zona merah, masing-masing turun di 0,22 dan 0,16 persen. Sementara itu Inggris indeks FTSE 100 merosot lebih jauh, menutup 0,47 persen ke bawah, dengan sterling juga mencatat kerugian yang tajam terhadap dolar AS.

Pedagang di Eropa juga mengikuti investor di seluruh dunia yang menunggu data pekerjaan utama dari AS.

Para investor menunggu data nonfarm payrolls yang dirilis pada hari Jumat, yang dapat memberikan beberapa wawasan terkait waktu kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS. Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan ekonomi AS menambah 175.000 pekerjaan.

Dalam beberapa hari terakhir, beberapa pejabat kunci Fed telah membahas kenaikan suku bunga, dengan Presiden Fed Richmond Jeffrey Lacker mengatakan pada hari Rabu bahwa inflasi tampaknya akan meningkat di AS, bagian dari kesempatan yang kuat bagi bank sentral untuk menaikkan suku bunga lebih cepat, Reuters melaporkan.

Sementara itu Presiden Fed Chicago Charles Evans mengatakan pada Rabu bahwa ia akan “baik-baik saja” dengan kenaikan suku bunga pada bulan Desember, jika data di AS tetap kuat. Laporan pekerjaan yang akan datang tetap menjadi kunci fokus untuk Wall Street juga, dengan pasar diperdagangkan lebih rendah pada hari Kamis.

Selain dari Fed, pasar telah mencermati harga minyak. Harga minyak mentah memperpanjang kenaikan pada Kamis di tengah harapan bahwa produsen terbesar di dunia berpotensi menyepakati penurunan produksi, Reuters melaporkan.

Minyak mentah AS menembus $ 50 penghalang untuk pertama kalinya sejak Juni, berdiri di $ 50,28 pada penutupan Eropa, sementara Brent melayang di $ 52,39. Di pasar saham, saham Tullow Oil melonjak 4,5 persen setelah Barclays menaikkan target harga pada saham.

Melihat indeks STOXX 600, saham EasyJet jatuh ke bawah benchmark, tergelincir 6,9 persen setelah memperingatkan bahwa keuntungan akan jatuh untuk tahun yang berakhir pada tanggal 30 September mengutip gangguan besar dan fluktuasi nilai tukar sebagai alasan utama.

Marks and Spencer jatuh lebih dari 2 persen setelah Numis memangkas rating pada saham dari “hold” untuk “mengurangi.” Sesama pengecer Next juga ditutup melemah, setelah Numis memangkas rating pada saham.

Sementara itu, pemasok Apple Dialog Semiconductor melaporkan kenaikan pendapatan kuartal ketiga dan menerima target kenaikan harga dari kedua RBC dan Natixis, membantu mengirim saham dalam perusahaan untuk menutup lebih dari 7 persen.

Namun, Osram Licht melonjak 10,38 persen menyusul laporan oleh majalah Wirtschaftswoche, yang mengatakan bahwa pembuat chip Sanan Optoelektronik Co Ltd ingin membeli perusahaan pencahayaan Jerman, mengutip sumber tanpa nama menurut Reuters. Osram juga menerima kenaikan target harga dari DZ Bank dan Independent Research.

Sementara itu, sektor perbankan Eropa mengungguli sektor lainnya pada hari Kamis setelah Citi merekomendasikan dalam sebuah catatan bahwa investor meninggalkan “overweight” dari sektor ini. Citi menunjukkan nama untuk membeli termasuk BBVA, Standard Chartered, BNP Paribas, Intesa Sanpaolo. Beberapa bank membukukan keuntungan yang solid pada perdagangan, namun kelemahan di pasar yang lebih luas menutupi sentimen positif yang terlihat di sektor ini.

Dalam berita perbankan individu, manajer aset Amundi bersedia untuk menawarkan sekitar € 4000000000 ($ 4470000000) untuk lengan pengelolaan dana UniCredit ini, Pioneer, menurut laporan di Il Messaggero, mengirimkan saham di pemberi pinjaman untuk menutup naik lebih dari 2 persen.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan bursa Eropa akan mencermati data pekerjaan AS, yang jika semakin memperkuat kesempatan kenaikan suku bunga AS, maka akan menekan bursa Eropa. Bursa juga akan mencermati harga minyak mentah.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here