Optimisme Bisnis September Australia Stabil

535

Optimisme bisnis di Australia stabil, demikian laporan kepercayaan bisnis terbaru yang dirilis oleh National Australia Bank dengan kepercayaan bisnis baik dan kondisi di atas jangka panjang rata-rata pada bulan September.

Indeks kepercayaan bisnis stabil di 6 poin, sama seperti pada bulan September. Sementara itu, kondisi bisnis (agregasi dari kondisi perdagangan/penjualan, profitabilitas dan pekerjaan) naik sederhana pada bulan September, untuk 8 poin, dari 7 sebelumnya, meskipun telah mereda dalam hal tren.

australia-business-confidence

“Survei ini masih konsisten dengan kinerja yang wajar dari ekonomi non-pertambangan, meskipun momentum telah mereda dari awal tahun,” kata NAB setelah rilis laporan hari ini.

Pada ukuran kepercayaan survei, Alan Oster, kepala ekonom di NAB, menyarankan bahwa “tidak ada petunjuk bahwa penurunan suku bunga RBA pada awal Agustus memiliki dampak material lebih lanjut tentang kepercayaan pada bulan September setelah tampaknya memberikan dukungan pada bulan Agustus “.

“Kepercayaan bisnis ini sejalan dengan rata-rata jangka panjang dan sementara kita ingin melihat kepercayaan pada tingkat yang lebih tinggi sebagai investasi bisnis non-pertambangan sebelumnya kuat, ini masih merupakan hasil yang baik mengingat berbagai ketidakpastian yang dihadapi bisnis, terutama dari offshore , “kata Oster.

Meskipun indeks survei kondisi naik, namun meninggalkannya di atas rata-rata historisnya, Oster menyatakan tingkat hati-hati terhadap hasilnya, menunjukkan bahwa itu didorong oleh industri jasa, bukan oleh peningkatan berbasis luas di seluruh spektrum bisnis dilihat di tahun sebelumnya.

“Kami juga terus memantau tren negatif dalam kondisi ritel, yang semakin memburuk pada bulan September -. Tampaknya terkait dengan lonjakan biaya input”

Subindex kerja merosot 4-1, menunjukkan perlambatan dalam jumlah perusahaan yang saat ini mempekerjakan.

Melanjutkan dengan sifat campuran dari laporan September, indikator alat pengukur potensi tingkat aktivitas di bulan depan juga dicampur dengan pesanan baru melonjak pada saat yang sama utilisasi kapasitas jatuh.

Namun, jangka panjang, NAB prihatin dengan lemahnya kondisi untuk pengecer, terutama karena konsumsi rumah tangga membuat sampai sekitar 60% dari PDB Australia.

“Melemahnya kondisi ritel adalah risiko yang signifikan untuk pandangan kita, terutama mengingat bahwa rekening konsumsi selama lebih dari 50% dari PDB Australia,” Oster memperingatkan.

“Kami masih memperkirakan ekonomi melambat ke 2018 sebagai momentum dari ekspor komoditas, pembangunan perumahan dan penyusutan AUD.”

Berdasarkan pandangan itu, bersama dengan “berkelanjutan inflasi yang rendah”, Oster percaya ini akan “mengguncang RBA dalam tindakan”, mempertahankan pandangan bahwa bank akan memangkas 25 basis poin pada paruh kedua tahun depan, meninggalkan tingkat uang di hanya 1%, tingkat terendah dalam catatan.

 

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here