Parlemen Jepang Setujui $ 32 Miliar Anggaran Tambahan Untuk Pemerintah Abe

665

Parlemen Jepang pada Selasa (11/10) menyetujui $ 32 miliar anggaran tambahan untuk tahun fiskal ini yang akan membantu mendanai paket stimulus ekonomi Perdana Menteri Shinzo Abe.

Anggaran sebanyak 3,287 triliun yen ($ 31,94 miliar), merupakan anggaran tambahan kedua untuk tahun yang berakhir pada bulan Maret 2017, akan sebagian besar didanai obligasi 2,75 triliun yen untuk membiayai belanja infrastruktur.

Anggaran ekstra membawa pengeluaran tahunan lebih dari 100 triliun yen untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, menggarisbawahi kesulitan menyeimbangkan kebutuhan untuk meningkatkan perekonomian dan mengekang beban utang publik industri terbesar dunia.

Salah satu bagian dari anggaran tambahan akan membantu membiayai paket stimulus multi-tahun yang memiliki total 28,1 triliun yen termasuk pengeluaran 7,5 triliun yen oleh pemerintah pusat dan daerah.

Uang tersebut akan digunakan untuk meningkatkan jaringan kereta api, upgrade port, menopang daerah rawan bencana alam dan meningkatkan upah bagi pekerja tempat penitipan anak.

Dengan dikeluarkannya anggaran ekstra, pemerintah Abe ini telah meminta persetujuan cepat oleh parlemen untuk pakta Trans-Pacific Partnership (TPP) pakta.

“Kami ingin lulus undang-undang TPP secepat mungkin selama sesi parlemen saat ini (yang berakhir pada 30 November), sehingga kita dapat mendorong Amerika Serikat untuk mengikuti,” kata seorang sumber pemerintah.

Doni/VBN/VMN/Analyst Vibiz Research Center
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here