Bursa Shanghai 30 Maret Berakhir Turun 1 Persen, Data Manufaktur Akan Dicermati

589
bursa shanghai

Pada penutupan perdagangan bursa saham Tiongkok Kamis (30/03), indeks Shanghai berakhir turun -1,0 persen atau -32,4 poin menjadi berakhir pada 3,208.93. Bursa Saham Shanghai ditutup dalam zona merah tertekan kekhawatiran terhadap likuiditas yang lebih tinggi dalam pembatasan pada investasi properti.

Bank sentral Tiongkok melewati operasi pasar terbuka untuk hari kelima dan ditetapkan untuk mengalirkan 40 miliar yuan pada hari Kamis.

Pasar properti adalah fokus lain bagi investor, dengan meningkatnya jumlah kota yang masuk dalam kebijakan pemerintah Tiongkok untuk pembatasan pada pembelian rumah.

The National Academy of Economic Strategy, sebuah lembaga think tank pemerintah, mendesak pemerintah untuk menjaga terhadap risiko di properti dan sektor keuangan dengan benar mengelola moneter, menambah kekhawatiran tentang pembatasan lebih pada pengembang properti.

Moody Investors Service memperingatkan bahwa risiko keuangan yang dihadapi Tiongkok dari penurunan properti potensial telah tumbuh sebagai rekor pinjaman telah membuat bank lebih rentan terhadap risiko sementara pemerintah kurang mampu memerangi risiko tersebut.

Indeks pelacakan pengembang real estate turun 1,1 persen.

Sektor turun di seluruh papan, dipimpin oleh saham material dan infrastruktur.

Saham kapital kecil memimpin penurunan, dengan papan start-up teknologi berat geser 1,8 persen ke lima minggu.

Esok hari akan dirilis data NBS Manufacturing PMI Maret yang diindikasikan stabil, dan Non Manufacturing PMI Maret yang diperkirakan naik.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan pada perdagangan selanjutnya indeks Shanghai akan bergerak positif jika data manufaktur Tiongkok terealisir positif. Indeks diperkirakan bergerak dalam kisaran Support 3122-3032, dan jika naik akan bergerak dalam kisaran Resistance 3306-3402.

Doni/VMN/VBN/Analyst Vibiz Research Center 
Editor : Asido Situmorang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here